Utamakan Keamanan dan Kenyamanan Saat Pemberangkatan Haji



PURWODADI- Utamakan keamanan dan kenyamanan calon jemaah haji pada saat pemberangkatan calon haji kloter pertama asal Kabupaten Grobogan yang akan diberangkatkan Selasa(1/8). Demikian diungkapkan Ka.KanKemenag Grobogan, Hambali, pada saat rapat persiapan panitia pemberangkatan haji daerah Kabupaten Grobogan, di aula kantor kementrian agama Grobogan, Senin(24/7).

“Suksesnya helatan pemberangkatan haji yang akan nanti digelar tidak hanya menjadi tanggungjawab Kemenag Kabupaten/Kota saja, tetapi suksesnya helaran pemberangkatan haji merupakan tanggungjawab bersama antara Kemenag Grobogan, Pemkab Grobogan, aparat penegak hukum dan intansi lintas sektoral lainnya,” jelasnya.

Untuk persiapan pemberangkatan haji untuk tahun ini , lanjut Hambali, sudah dipersiapkan dengan matang, baik dari administrasi maupun rencana teknis pemberangkatan haji dari Kabupaten Grobogan menuju asrama  haji. Dan untuk rencana pemberangkatan, ia menjelaskan, pemberangkatan calon jemaah haji kloter 17 asal Kabupaten Grobogan akan diberangkat dari pendopo kabupaten Grobogan.”H-1 sebelum pemberangkatan, para jemaah sudah  harus mengumpulkan koper di halaman masjid Jabalul Khoir Purwodadi,” jelasnya.

Dan terakhir, dengan alasan keamanan dan kenyamanan calon jemaah haji, ia menghimbau kepada calon jemaah haji untuk tidak banyak orang untuk mengantarkan calon jemaah haji. Walaupun diakui secara kultur orang yang akan berangkat haji merupakan suatu kebanggaan keluarga dan masyarakat sekitar tempat kediaman calon jemaah haji tersebut.”Mobil yang berstiker yang hanya boleh masuk pendopo nantinya,” ujarnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan dinas terkait demi kelancaran pemberangkatan haji, seperti dinas perhubungan, kesehatan, satpol pp,Kodim dan kepolisian. Dalam musim haji kali ini, ada 2 calon jemaah yang meninggal dunia sebelum berangkat dan satu jamaah menyatakan mundur karena jatuh sakit. “Ada tiga jamaah yang tidak bisa berangkat. Dua meninggal atas nama Suwarno dan Sumiyati. Sedangkan calon jemaah yang sakit yakni Umi Nurhidayati,” pungkasnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel