Antisipasi Kecelakakan, Bus AKAP Dicek

CEK KELENGKAPAN : Petugas menunggui teknisi bus PO Laju Prima yang sedang memperbaiki rem di kantor Dishub Kabupten Grobogan, Selasa(29/8).




GROBOGAN- Untuk mengantisipasi potensi kecelakaan di jalan raya selama week end  dan mudik Idul adha , tim gabungan Polres Grobogan dan Dishub lakukan pengecekan armada bus. Bus yang melintas di Jalan Raya Purwodadi-Solo, diperiksa kondis ban, pengereman dan kelengkapan lainnya."Kita mengantisipasi kecelakakan dengan melakukan pengecekan armada. Sejumlah armada kita hentikan dan periksa," ungkap Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gede Prabawa SIK, melalui Kanit Turjawali Ipda Affandi,Selasa (29/8).


Ipda Affandi menambahkan, dari sejumlah armada, bus Laju Prima plat nomor  B 7432 TGA, sempat dihentikan lantaran dilakukan pemeriksaan intensif."Penumpang kita turunkan kita lakukan pemeriksaan armada, baru setelah itu baru armada boleh melanjutkan perjalanan," tambahnya.

Ada satu bus, yakni Mulyo Indah , jurusan Solo-Jakarta-Bogor  yang menyalahi trayek, sehingga ditilang petugas. “Mereka menyalahi ijin trayek, jadi kita tilang,” tambah Ipda Affandi.

Happy, Kasi pengujian kendaraan bermotor Dishub Kabupaten Grobogan menjelaskan, pemeriksaan dilakukan pada armada bus yang diindikasi remnya blong. "Jika diketahui ada pelanggaran berat kita hentikan dan penumpang kita minta alihkan dengan armada lain. Jika kelengkapan kita minta melengkapi. Namun untuk PO Laju Prima kita minta untuk memanggil teknisi agar diperbaiki remnya," ungkapnya.

Nur Hanifah , penumpang bus yang akan menuju ke Jakarta mengaku, karena adanya pemeriksaan dan harus ganti armada, maka perjalanannya sedikit terganggu. Ia mengaku menumpang bus dari Toroh  dan mengaku mengalami keterlambatan. "Sedikit terganggu sih. Belum jauh jalan, tadi dari Toroh malah ada pemeriksaan di kantor Dishub," keluhnya.

Namun ia mengaku senang dengan adanya pemeriksaan tersebut. Keselamatan perjalanan menjadi terjamin dengan adanya pemeriksaan tersebut. “Kalau diperiksa seperti ini kan jadi tahu, busnya layak jalan atau tidak,” pungkasnya. (iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel