Drama Kolosal Nyi Ageng Serang Akan Semarakkan HUT RI ke-72




PURWODADI- Drama kolosal akan semarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Drama kolosal tentang perjuangan pahlawan nasional wanita asal Kabupaten Grobogan, Nyi Ageng Serang dalam mengusir penjajah Belanda akan digelar Kodim 0717 Purwodadi bersama siswa-siswi MAN Purwodadi sebelum pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 72 di alun-alun Purwodadi. "Drama perjuangan ini menggali sejarah daerah agar generasi muda memahaminya, jangan hanya mengenal nama pahlawan tetapi juga sejarahnya," kata Dandim 0717 Purwodadi, Letkol Arh Jan Pieter Gurning.

Ia berharap ada kredit poin di sekolah masing-masing bagi pelajar yang terlibat dalam drama kolosal yang mampu membangkitkan nilai patriotisme ini. " Semoga adik-adik yang terlibat maupun yang melihat semakin terpupuk jiwa nasionalismenya," katanya. 

Ia memandang, yang memiliki ide menampilkan drama seperti ini sangat cerdas sehingga peringatan HUT Kemerdekaan RI tidak hanya bersifat seremonial saja dan kedepan bisa dipertahankan bahkan dikembangkan. “Ini sangat kreatif, semoga bisa terus dikembangkan,” tambahnya.
Acara yang melibatkan 130 peserta, yakni dari pelajar sebanyak 125 siswa dan personil TNI AD sebanyak 5 prajurit, gelaran drama kolosal ini dipersiapkan hanya dalam tempo satu minggu saja."Seni seperti ini perlu di tampilkan di tengah khalayak untuk mengingkatkan kepekaan dan memahami diri sendiri. Sebelum melakukan gladi kotor ini, mereka terlebih dahulu berlatih di sekolah," kata Kapten Inf Isbandi, selaku koordinator acara.

Ia berharap, acara tersebut bisa berjalan dengan lancar dan nilai perjuangannya bisa dimengerti oleh generasi masa kini. Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 di alun-alun Purwodadi dipimpin oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang dihadiri seluruh unsur FKPD, TNI, Polri, ormas dan pelajar. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel