Kwarcab Grobogan Gandeng Beberapa Komunitas Lakukan Bedah Rumah


PURWODADI- Cara berbeda dilakukan anggota pramuka peduli Kwarcab Grobogan untuk memeriahkan hari jadi gerakan pandu berlambang tunas kelapa ini. Mereka menggelar aksi bakti sosial bedah rumah milik seorang warga miskin. Rumah yang dipugar yakni milik Mbah Ngadiyem, warga Dusun Brangkal, Desa Karangranyar, Kecamatan Purwodadi.
“Ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang jatuh 14 Agustus mendatang. Kami ajak adik-adik untuk peduli terhadap sesama,” ungkap Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan, Surono.
Kegiatan ini berawal dari adanya informasi dari anggota pramuka peduli yang tempat tinggalnya berdekatan dengan lokasi bedah rumah. Ia menginformasikan  bahwa ada rumah tetangganya  yang kondisinya reot dan nyaris ambruk.  Kemudian pihaknya menindaklanjuti dengan melakukan kunjungan ke tempat tinggal perempuan berusia 73 tahun tersebut. “Kondisi rumah mbah Ngadiyem memang jauh dari kata layak. Selain reot, saat hujan juga bocor dimana-mana,” tambah Surono.
Mbah Ngadiyem yang tinggal sebatang kara ini sudah sering sakit-sakitan. Kebutuhan hidupnya selama ini hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangganya. “Biasanya juga diberi tetangga. Telinga juga sudah tuli, penglihatan juga berkurang. Maklum sudah tua,” tutur Mbah Ngadiyem saat ditemui  Grobogan Today.
Ia mengaku sangat senang ada orang yang peduli, memperbaiki rumahnya yang sudah hampir roboh. “Terimakasih untuk semuanya. Semoga Allah yang membalasnya,” tuturnya sambil berkaca-kaca.
Banyak pihak di luar Kwarcab Grobogan yang memberikan dukungan. Termasuk dari kerabat, tetangga dan pemerintahan desa setempat. Mereka dengan suka rela membantu perbaikan rumah. Bantuan pun datang dari beberapa komunitas, seperti Komunitas Grobogan Berbagi, Wisata Grobogan dan Pencinta Sedekah Grobogan.“Alhamdulillah banyak yang respon dengan kegiatan kita. Ada yang menyumbang material, uang dan makanan. Bedah rumah ini ditargetkan selesai pada puncak peringatan Hari Pramuka nanti,” tambah Surono.

Pujiyanto, Ketua Komunitas Wisata Grobogan yang ikut datang ke lokasi mengaku senang diajak berkegiatan sosial. “Semoga kolaborasi ini bisa bermanfaat untuk sesama,” ucapnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel