Pemenang Duta Wisata Harus Berdedikasi Memajukan Wisata


GROBOGAN – Perhelatan pemilihan duta wisata Mas dan Mbak yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Grobogan selalu menyedot antusiasme dari masyarakat. Duta wisata terpilih diharapkan dapat mewakili Kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah dalam upaya mempromosikan potensi wisata, juga diharapkan terwujudnya generasi yang berkualitas, santun, dan berdedikasi dalam melestarikan budaya, serta berperan aktif dalam promosi pariwisata. Demikian diungkapkan Kasi Industri Pariwisata Disporabudpar Grobogan, Dyah Prijatiningtyas saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

“Duta wisata terpilih harus bisa berperan aktif dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Grobogan. Setidaknya bisa berbaur dengan Komunitas Wisata Grobogan yang telah aktif dalam mempromosikan wisata. Tidak hanya bisa lenggak-lenggok di catwalk saja,” tuturnya.

Peserta duta wisata Kabupaten Grobogan tahun 2017 diharapkan  segera mempersiapkan diri. Sebab, pihak panitia pemilihan kontes tahunan ini sudah mulai membuka tahapan pendaftaran peserta. Masa pendaftarannya, sudah dibuka mulai mulai tanggal 17 Juli hingga 25 Agustus mendatang.“ Sejauh ini, sudah ada beberapa orang yang mengambil formulir pendaftaran. Tapi sampai saat ini baru 3 yang mengembalikannya,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, biasanya para peminat akan mendaftar pada hari-hari terakhir sebelum masa pendaftaran ditutup.“Dari pengalaman sebelumnya, memang model pendaftarannya selalu seperti ini. Peserta pemilihan duta wisata sebelumnya sekitar 50 orang tiap tahun,” katanya.

Dia menjelaskan, persyaratan bagi peserta duta wisata ini tidak terlalu berat atau hampir sama dengan tahun lalu. Di antaranya,  warga asli Grobogan dengan usia  17 hingga 25 tahun, pendidikan minimal SLTA atau sedang menempuh pendidikan tingkat SLTA atau perguruan tinggi.”Untuk tinggi badan, pria minimal 170 centimeter. Sedangkan wanita minimal 165 centimeter,” tuturnya.
Selain itu, mampu berkomunikasi yang baik dalam Bahasa Jawa, Indonesia dan Inggris. Dengan persyaratan yang cukup mudah itu,katanya, tidak akan menyulitkan mereka yang akan ikut serta dalam kontes tersebut.“Persyaratan ikut duta wisata ini, saya rasa tidak sulit, sehingga banyak orang yang bisa ikut. Untuk pendaftaran duta wisata ini gratis alias tidak dipungut biaya. Sedangkan grand final akan dilaksanakan 9 September nanti,” pungkasnya.
Terpisah, Pujiyanto, Ketua Komunitas Wisata Grobogan berharap,pemenang pemilihan duta wisata tahun ini benar-benar memiliki dedikasi tinggi untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Grobogan, tidak hanya sebuah seremonial saja. “Semoga yang terpilih adalah yang terbaik,” tuturnya. (iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel