Yellow Canyon "Tugu Lasi" di Desa Mrisi Pikat Pengunjung


Tanggungharjo- Mendengar namanya, pasti kita hubung-hubungkan dengan Brown Canyon Semarang. Yellow Canyonmerupakan tempat  galian C yang sudah berumur puluhan tahun. Disinilah puluhan warga desa setempat mengais rejeki. Tak hanya kaum pria, ada beberapa pekerja wanita yang bekerja disini.Yellow Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa, namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun, akhirnya berubah wujud. Banyak rongga-rongga goa yang terbentuk dari aktifitas penambangan ini.

Keindahan panorama alam yang eksotik  ini menjadikan tempat ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Tebing-tebing yang berongga dipadu dengan beberapa batu besar yang tersisa membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi.

Dikarenakan Yellow Canyon  sebenarnya bukanlah tempat wisata, tentu saja para wisatawan harus mencari petunjuk arah sendiri. Oleh warga sekitar, tempat ini hanyalah tempat penambangan batu yang dikenal dengan nama tugu lasi.

Yellow Canyon terletak di Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan. Tempat yang lumayan jauh dari pusat kota Purwodadi. Merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin datang ke tempat ini, dimana para wisatawan dalam sepanjang perjalanannya harus bertemu dengan debu-debu yang beterbangan dan bersimpangan dengan truk-truk pengangkut bahan material.

Karena tempat ini merupakan tempat panambangan batu yang masih aktif, maka harus mempersiapkan masker sebagai penutup mulut dan kacamata. Kondisi jalan juga cukup terjal. Hanya sepeda motor dan truk yang mampu masuk sampai lokasi. Para pengunjung biasanya mengejar saat sun rise dan sun set tiba. “Di samping kalau siang hari cukup panas, pemandangan saat sore hari makin keren,” tutur Fahri, pengunjung dari Kecamatan Gabus. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel