Pesona Waduk Kedungombo, Wisata di Ujung Selatan Grobogan


GROBOGAN- Nama Waduk Kedung ombo memang sudah cukup termasyur. Bendungan yang  menggenangi tiga kabupaten, yakni Sragen, Boyolali dan Grobogan ini mempunyai luas 6. 576 hektar. Selain dimanfaatkan sebagai fasilitas irigasi dan pembangkit tenaga listrik, waduk kedung ombo juga digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.
Terletak di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan , waduk  ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.  Saat akhir pekan, libur sekolah dan hari raya, obyek wisata ini dipenuhi wisatawan. Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa menikmati semilir angin dengan memancing di tepian waduk. Jika ingin memancing di tengah, pengunjung pun bisa menyewa perahu. “Asyik banget kalau mancing disini. Ikannya besar-besar,” ungkap Ferdian,  warga Purwodadi yang setiap akhir pekan datang ke Kedung ombo.

Sebelum masuk waduk kedung ombo, pengunjung akan disuguhi rimbunnya pepohonan di sepanjang jalan. Setelah sampai di area waduk,  bentangan bendungan raksasa begitu megah terlihat. Biasanya para pengunjung akan mengabadikan setiap momen dengan back ground bendungan ataupun aliran sungai di bawah bendungan. “Disini tempat yang paling diminati saat berfoto,” jelas Pujiyati, yang sedang berpose di depan bendungan.
Bila pengunjung ingin menikmati pemandangan dengan perahu, ada beberapa warga setempat yang sengaja menyewakan perahu perahu motor.  Pengunjung bisa mengitari waduk sambil melihat beberapa pulau di waduk Kedung ombo.  Pulau – pulau ini bermunculan usai dilakukan penenggelaman  terhadap  beberapa wilayah di tiga kabupaten ini. “Asyik banget kalau kesini. Bisa muter-muter naik perahu, pemandangannya bagus,” ungkap Hartati, pengunjung dari Godong.

Kuliner ikan bakar di waduk kedung ombo menjadi salah satu pemikat yang menarik pengunjung. Suguhan ikan segar dengan harga yang relatif murah menjadi daya tarik tersendiri. “Enak banget ikan bakarnya. Ngangenin, kalau pulang kampung pasti datang kesini,’ tambah Hartati.
Suasana waduk menambah nikmat pengunjung saat menyantap ikan bakar yang disajikan. Sepoi-sepoi angin menambah betah  pengunjung untuk berlama-lama disini. (iya)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel