Produk Olahan Jagung Grobogan akan Dipatenkan


PURWODADI- Keberhasilan produk olahan makanan dan minuman dari bahan jagung menjuarai lomba masakan khas Jawa Tengah yang dilangsungkan di TMII,Jakarta beberapa waktu yang lalu  membuat Disporabudpar Grobogan berinisiatif untuk mematenkannya. Demikian diungkapkan Kasi Destinasi Wisata Disporabudpar Grobogan Ruswandi.

“Dalam lomba tersebut kita diwakili gaticha catering, ada dua piala dan piagam yang didapat. Yakni, peringkat II untuk kategori kudapan berbahan jagung. Kemudian, peringkat II untuk kategori minuman berbahan jagung.Produk makanan dan minuman yang dilombakan harus terbuat dari bahan nonberas. Kita bikin produk dari bahan jagung yang jadi potensi pertanian andalan Grobogan,” jelasnya.

Meski hanya meraih peringkat II, namun produk dari bahan jagung itu dinilai sangat layak disajikan sebagai menu di hotel berbintang. Untuk kategori minuman,menunya yakni wedang rambut jagung, sirup klobot janggel jagung dan es krim jagung. Seangkan kategori kudapan, menunya yakni horn jagung, pai jagung,klaperttart,sawi goreng,cup cake dan eggrolls. Terkait dengan penilaian ini, pihaknya disarankan oleh panitia lomba untuk mematenkan produk tersebut.

“Usia pengumuman pemenang, panitia menyarankan untuk mematenkan produk kita. Menurutnya, ini merupakan peluang untuk memasarkan produk tersebut. Sebelum produk ini dipatenkan orang lain, alangkah baiknya produk ciptaan kita ini dipatenkan,” jelasnya.

Menurut Ruswandi, tujuan utama lomba tersebut memang untuk mengangkat potensi pangan lokal. Seperti singkong, jagung, kedelai, kacang hijau dan hasil pertanian lainnya. “Selama ini kita selalu tergantung dengan terigu. Sedangkan potensi bahan  pangan lokal yang kita miliki sangat melimpah. Kita tinggal dituntut untuk lebih berkreasi dan berinovasi memanfaatkan bahan yang ada. Jangan sampai kita tergantung pada bahan terigu saja,” katanya.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel