Lebih Gemuk, Retno Kalahkan Via Vallen


PURWODADI- Memiliki postur tubuh lebih gemuk lengkap dengan jidat nonong dan badan bersih, membuat kambing bernama Retno mampu kalahkan kambing bernama Via Valen.
"Kambing bernama Retno kalahkan kambing bernama Via Valen Kreteria di kelas C yakni kelas betina mensyaratkan tinggi badan antara 71 hingga 75 centimeter," ungkap Drh Sih Dalmaji, Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Penyuluhan (PSP) Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Grobogan.

Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/8) Drh Sih Dalmaji, menambahkan, dalam kontes  kambing peranakan etawa yang digelar bagi kelompok tani dan ternak se-Kabupaten Grobogan, Retno, kambing milik Usman warga Tegalrejo, dinyatakan menang setelah dalam pemeriksaan kulit juga tidak ditemukan adanya penyakit kulit. Dalam kejuaran kali ini dibagi menjadi 5 kelas, baik jantan maupun betina. "Keseluruhan ada 10 kelas, 5 kelas jantan dan 5 kelas betina. Sebelum kontes, seluruh kambing diperiksa terlebih dahulu oleh dokter hewan yang telah kita tunjuk. Dari pemeriksaan tidak ditemukan penyakit scabies atau penyakit kulit. Lomba diikuti puluhan kambing baik jantan maupun betina," imbuhnya.

Selain sehat, tubuh kambing juga diketahui sehat lantaran bulu-bulunya panjang dan itu menunjukan peranakan asli etawa."Lomba ini merupakan lomba tahunan. Kreteria yang dilombakan memang baru peranakan etawa. Sedang kambing kacangan asli Grobogan belum ikut dilombakan. Tahun depan akan kita ikut perlombakan," ungkap Riyanto, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan.

Selain hewan pedaging, lomba juga digelar diternak kucing dan burung. "Lomba diharapkan makin menumbuhkan cinta pada binatang peliharaan maupun ternak," tambahnya.

Maryoto, salah seorang peternak yang mengikuti kontes kambing ini mengaku bahagia, dia semakin termotivasi untuk beternak kambing. “Selain beternak, kalau ikut kontes semacam ini dan menang kan lumayan. Bisa buat beli kambing lagi,” tuturnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel