Sungai Meluap, Dusun Blado Terendam Banjir


GROBOGAN- Curah hujan yang cukup tinggi di kawasan Pegunungan Kendeng Utara membuat anakan Sungai Lusi yang melintas di Dusun Blado, Desa Teguhan Kecamatan Grobogan  meluap, Senin(13/11) sekitar pukul 18.30 WIB. Hal ini disebabkan sungai sudah tak mampu lagi menampung debit air. Ada dua rumah milik warga yang kemasukan air dengan ketinggian sekitar 10 centimeter. Namun secara perlahan air mulai surut.

Berdasarkan pantauan Grobogan Today di lapangan, banjir menggenangi  jalan desa dan puluhan pekarangan warga. Kondisi rumah warga yang sudah ditinggikan, membuat air tidak bisa masuk rumah warga. “Warga sudah mengantisipasi dengan meninggikan rumah. Karena sini sudah langganan,” tutur Kardi, warga Blado.

Menurut penuturan Mustajib, warga Dusun Blado RT 5 RW 5, tahun ini tempatnya sudah dua kali terendam banjir. Untuk banjir kali ini lebih besar dari banjir pertama. “Tadi air mulai masuk sehabis maghrib. Tempat sini sudah langganan tiap tahunnya,” katanya.

Mustajib menambahkan, untuk menghindari banjir ia sudah akan menaikkan pondasi rumah. Namun sebelum pondasi selesai, banjir sudah merendam rumahnya. “Ini juga baru dikerjakan. Malah duluan banjirnya,” ucapnya.

Gesit Kristyawan, Staf Pelayanan Yanseskesmas dan Penanggulangan Bencana PMI Grobogan menjelaskan, pihaknya telah menurunkan beberapa personil untuk meninjau lokasi banjir. Jika banjir membahayakan warga, pihaknya akan segera melakukan evakuasi warga. “Dari hasil cek lokasi, kondisi aman. Warga sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, karena sudah menjadi langganan tiap tahunnya,” ungkapnya. (RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel