Watu Ondo, Surga Tersembunyi di Kendeng Utara


Grobogan, Grobogantoday.com- Letak Kabupaten Grobogan yang berada di Pegunungan Kendeng, membuat kabupaten  terluas kedua di Jawa Tengah ini memiliki panorama alam yang indah. Salah satunya yakni Watu Ondo yang berada di area hutan milik perhutani KPH Purwodadi, tepatnya di Dusun Linduk, Desa Lebak, Kecamatan Grobogan.

Sesuai dengan namanya, watu ondo atau dalam bahasa indonesianya yakni batu yang bertundak-tundak. Watu ondo sejatinya adalah aliran sungai yang memiliki keunikan tersendiri. Aliran sungai yang bertundak-tundak seperti anak tangga inilah yang menjadi daya tarik pengunjung. Di bawah tundakan, ada cekungan yang dalamnya sekitar 1,5 meter yang biasanya dimanfaatkan untuk berenang.

Mengikuti aliran watu ondo sepanjang 100 meter, akan kita dapati aliran sungai yang memiliki kontur tanah yang unik. Biasanya pengunjung bisa bermain air di sepanjang aliran watu ondo. Selain itu, pengunjung bisa mendapatkan tebing sungai yang berbentuk kotak-kotak, yang bagus untuk  diabadikan.



Untuk  bisa sampai ke lokasi ini, dari jalan Purwodadi-Pati, bisa mengambil arah ke Desa Lebengjumuk. Sampai di pos perhutani Linduk, pengunjung harus masuk area hutan jati sekitar 1 kilometer. Pengunjung harus jalan kaki karena akses jalan masih berupa jalan berbatu dan tanah liat. Jika tidak ingin tersesat, pengunjung harus meminta bantuan warga sekitar untuk bisa sampai ke watu ondo. “Memang akses jalannya masih sulit. Namun jika berkunjung kesini tidak bakal kecewa,” jelas Pujiyanto, Ketua Komunitas Wisata Grobogan.

Ia mengingatkan, keindahan watu ondo hanya bisa disaksikan saat musim penghujan saja. Jika musim kemarau, air di watu ondo kering. “Bagusnya saat musim penghujan seperti ini. Airnya mengalir cukup deras,” ungkap pria yang akrab dipanggil Iyant Re ini.(RE)





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel