Semen Grobogan Ditargetkan Beroperasi Tahun 2020


TANGGUNGHARJO,Grobogantoday.com- Pembangunan pabrik semen milik PT Semen Grobogan (SG) yang berlokasi di Desa Sugihmanik dan Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo , Kabupaten Grobogan sudah dimulai dan ditargetkan akan selesai tahun 2020. Total investasi pendirian pabrik mencapai 300 juta US Dollar. Demikian diungkapkan General Manager PT Semen Grobogan Toni Santoso saat dihubungi wartawan. “Butuh waktu 30 bulan atau sekitar 2,5 tahun untuk pembangunan pabrik ini. Kita targetkan pada tahun 2020 pabrik sudah mulai beroperasi,” kata General Manager PT Semen Grobogan Toni Santoso.

Dari informasi yang didapat, rencana pendirian pabrik SG itu sudah dimulai cukup lama. Yakni, diawali dengan serangkaian penelitian lapangan di kawasan tersebut sejak tahun 1992 lalu.Setelah itu dilanjutkan, dengan proses pembelian lahan warga dan pengurusan perizinan yang butuh waktu selama beberapa tahun. Meski akhirnya bisa mengantongi izin, namun realisasi pembangunan pabrik belum kunjung dilaksanakan karena terbentur krisis moneter 1997.

Setelah krisis berlalu, investor melanjutkan pengurusan izin kembali. Proses perizinan telah rampung pada tahun 2016. Semula, pembangunan pabrik ini dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun 2016. Namun, realisasinya baru terlaksana pada awal tahun 2018 karena ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan lebih dulu.

Untuk pembangunan awal, sekitar enam sampai tujuh bulan akan membangun pondasi tapak pabrik. Setelah itu selesai, akan dilanjutkan pembangunan kontruksi bangunan. Pabrik semen diperkirakan siap produksi pada tahun 2020.

Pabrik semen tersebut memiliki beberapa blok penambangan batu gamping Maskumambang seluas 41.36 hektare, Blok Watudukun dengan luas 199.30 hektare, dan Blok Candrageni seluas 650 hektare. Sedangkan lokasi yang digunakan untuk pabrik luasnya sekitar 54 hektar. (RE)





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel