Longsor di Kalirejo Makin Parah, 8 Rumah Roboh dan 8 Rumah Terancam Roboh



WIROSARI,Grobogantoday.com- Walaupun sudah berlangsung sekitar setahun, longsor di Desa Kalirejo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan belum tertangani. Longsor di bantaran sungai lusi ini telah merusak 8 rumah warga dan mengancam 8 rumah warga lainnya. Saat ini warga hanya diselimuti kekhawatiran jika hujan mengguyur. Mereka berharap longsor segera ditangani, sehingga mereka bisa tenang. “Kalau musim hujan seperti ini pasti was-was. Jadi gak bisa tidur kalau malam. Takut kalau sewaktu-waktu longsor dan merobohkan rumah,” ujar Ngatini, warga Kalirejo yang rumahnya terancam longsor, Jumat(23/2/2018).

Ngatini menjelaskan, jika longsor sampai menghabiskan rumahnya, ia sudah tak tahu lagi harus tinggal dimana. Menurutnya, tempat tinggalnya saat ini merupakan  tempat satu-satunya miliknya. “Jika ini longsor, kami sudah tidak tahu lagi harus tinggal dimana,” jelasnya.

Ungkapan yang sama diutarakan Kasmi, ibu paruh baya ini sangat ingin sekali pindah dari tempatnya saat ini. Namun karena tidak memiliki lokasi lain, ia hanya bisa pasrah tinggal di rumahnya. Ia berharap pemerintah segera turun tangan untuk menangani longsor. “Mau bagaimana lagi, hanya disini saja tanah yang kami miliki. Walaupun harus hidup dengan kekhawatiran,” ungkapnya.

Kades Kalirejo, Mardiraharjo menjelaskan bahwa longsor di desanya telah terjadi setahun yang lalu. Namun dalam enam bulan terakhir longsor semakin parah. Saat ini longsor mengancam jalan antar Desa Kalirejo dengan Desa Tambahrejo, Kecamatan Wirosari. Pihaknya sudah mengajukan bantuan  ke propinsi, namun masih harus menunggu identifikasi menyeluruh. “Awal musim hujan ini longsor semakin meluas. Delapan rumah yang sudah roboh kini sudah pindah di tempat saudara,” ungkapnya.

Mardiraharjo menambahkan, para korban longsor saat ini baru mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial. Sedangkan penanganan longsor belum pernah dilakukan oleh dinas terkait. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel