Dispendukcapil Grobogan Jemput Bola Layani Surat Kependudukan



PURWODADI,Grobogantoday.com- Perekaman dan pencetakan KTP elektronik serta Kartu Identitas Anak(KIA) dengan mobil pelayanan di lokasi pasar rakyat,alun-alun Purwodadi disambut antusias warga. Tak perlu mengantri lama, warga sudah bisa mendapatkan pelayanan seperti di kantor Dispendukcapil. Warga cukup membawa persyaratan sesuai yang dibutuhkan.

Setiap hari, sekitar 50 orang terlayani dalam pengurusan surat kependudukan. Mulai dari perekaman e-KTP, cetak e-KTP, pengganti e-KTP yang rusak maupun hilang serta pencetakan Kartu Identitas Anak(KIA). “Sehari ini ada 30an warga yang cetak e-KTP. Di hari pertama ini memang belum begitu banyak yang mengurus. Namun antusiasme warga sangat bagus,” jelas Kris Wahyu Dewantoro, operater e-KTP, Kamis(8/3/2018).

Selain mempromosikan program GISA(Gerakan Indonesia Sadar Administras Kependudukan), masyarakat yang belum memiliki atau belum rekam e-KTP bisa segera terlayani. “Yang sudah rekam tinggal menunggu bisa langsung jadi,” ungkapnya.

Kris menambahkan, syarat untuk pencetakan e-KTP juga mudah. Masyarakat yang sudah melakukan rekam e-KTP tinggal membawa foto kopi Kartu Keluarga dan Surat Keterangan(suket). Sedangkan bagi warga yang ingin mendapatkan pengganti e-KTP yang rusak, pemohon harus membawa foto kopi kartu keluarga dan fisik e-KTP yang rusak. “Jika e-KTP hilang, pemohon harus membawa surat kehilangan dari kepolisian. Sedangkan syarat untuk mengurus KIA yakni, foto kopi KK, KTP orang tua, akta kelahiran anak dan foto diri usia diatas 5 tahun,” terangnya.

Neti, salah seorang warga Purwodadi yang mengurus pencetakan e-KTP mengaku senang dengan adanya layanan tersebut. Ia tak perlu menunggu terlalu lama di kantor Dispendukcapil. “Kalau di kantor biasanya cukup lama nunggunya. Kalau disini hanya sekitar  sejam,” katanya.

Layanan jemput bola di alun-alun Purwodadi ini hanya tiga hari saja, bertepatan dengan pelaksanaan pasar rakyat. (RE)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel