Jelang Hari Jadi Grobogan, PKL Alun-alun Resik-Resik Kutho



PURWODADI, Grobogantoday.com- Jelang Hari Jadi Kabupaten Grobogan 292 tahun, sekitar 50 pedagang kaki lima yang biasa berjualan di Alun-alun Purwodadi Grobogan, Jumat (2/3), lakukan resik-resik kutho. Mereka menyebar, berbagi tugas membersihkan lapak kuliner yang berada di sisi timur Alun-alun Purwodadi itu.

Sontak kegiatan ini menjadi tontonan warga yang melintas. Karena aktifitas seperti ini jarang sekali dijumpai. Sejak pukul 08.00 hingga 11.00, dengan menggunakan sapu lidi, sikat dan beragam alat kebersihan, para pedagang langsung membersihkan lantai Alun-alun Purwodadi yang biasa digunakan berdagang saat malam hari.. Pada pedagang dibantu dua truk tanki air bersih dari Pemadam Kebakaran Grobogan dan Dinas Lingkungan hidup.

 “Kegiatan resik-resik kutho ini kami lakukan untuk  menyambut Hari Jadi Kabupaten Grobogan, kami PKL Alun-alun Purwodadi membersihkan lapak-lapak dagangan. Soalnya, saat boyong grobog nanti, rombongan akan lewat sini. Biar terlihat bersih dan indah,’’ kata Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Purwodadi Harapan Sentosa, Nur Wahid.

Nur Wahid menambahkan,  kegiatan bersih-bersih itu akan dilakukan secara rutin tiap bulannya. Dengan menjaga kebersihan, maka para pedagang akan memiliki rasa memiliki yang kuat. “ Tiap tanggal 16 kita agendakan untuk kegiatan bersih-bersih. Kalau bersih, pembeli jadinyaman, jualan juga akan semakin ramai,” imbuhnya.

Eko Agung, salah seorang pedagang  mengaku senang jika kegiatan bersih-bersih dilakukan  secara rutin. Menurutnya dengan lapak yang bersih, para pembeli akan semakin nyaman.  “Kalau kotor, pembeli pasti gak nyaman. Pasti tak akan kembali lagi. Kalau bersih, rejekinya pasti lancar,” ucapnya. (RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel