Sanggar Pramuka Terbakar, Anggota Pramuka Sigap Mengatasinya



PURWODADI,Grobogantoday.com- Asap yang mengepul dari salah satu ruangan di Sanggar Pramuka Kwarcab Grobogan, Kamis (26/4/2018) sekitar pukul 10.30 WIB. Seluruh penghuni pun panik berhamburan keluar  keluar untuk menyelamatkan diri.

Agus Siswanto, Kakwarcab Grobogan yang sebelumnya memimpin rapat pun ikut berlari keluar gedung bersama pengurus yang lain. Sejumlah anggota Pramuka lainnya sibuk memadamkan kobaran api yang cepat membesar dalam waktu singkat. Akhirnya, amukan api berhasil dipadamkan dengan alat pemadam api ringan yang sudah tersedia.

Walaupun api sudah berhasil dipadamkan, sejumlah anggota pramuka masih terjebak di lantai dua. Mereka tidak bisa keluar ruangan karena tebalnya asap. Melihat kondisi ini, upaya evakuasi orang yang ada di lantai II mulai dipersiapkan. Proses evakuasi dipimpin langsung Kabid Kedaruratan BPBD Grobogan Masrichan. Sekitar 30 menit kemudian, orang yang terjebak di lantai II akhirnya bisa dievakuasi seluruhnya. Beberapa di antaranya sempat dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas.

Kejadian ini cukup mendapatkan perhatian warga yang melintas. Bahkan ada warga yang mencoba ikut menolong korban. Namun, mereka langsung dicegah oleh beberapa pengurus yang bersiaga di depan sanggar. “Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf, kegiatan ini hanya simulasi atau latihan saja,” kata Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan Lulun Surono,Kamis (26/4/2018).

Usai simulasi, Ketua Kwarcab Grobogan Agus Siswanto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh pada hari ini. “Dalam simulasi ini kita libatkan juga BPBD Grobogan. Hal ini kita lakukan untuk menyiapkan diri dalam kesiapsiagaan bencana,” jelasnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel