MUI Jawa Tengah Larang Perang Ayat untuk Politik Praktis



PURWODADI,Grobogantoday.com- Majelis Ulama Indonesia(MUI) Jawa Tengah mengeluarkan fatwa larangan penggunaan ayat maupun hadist untuk politik praktis. Hal tersebut diungkapkan Ketua MUI Jawa Tengah Ahmad Daroji usai  mengisi acara tabligh akbar bersama Polres Grobogan, Kodim 0717 Purwwodadi dan Pemkab Grobogan di halaman Mapolres Grobogan, Rabu(2l6/4/2018). “Politisasi agama untuk politik praktis tidak diperkenankan. Tidak dibenarkan menggunakan ayat-ayat atau hadist, perang ayat. Sama-sama Al  Quran masak diadu,” katanya.

Menurutnya, penggunaan ayat maupun hadist untuk kepentingan politik bisa memecah kerukunan antar umat. Penggunaan ayat biasa digunakan kelompok tertentu untuk menjatuhkan kelompok yang lainnya. “ Menggunakan ayat atas nama kelompok, misal MUI tidak dibenarkan untuk alat politik praktis. Ngapain kita bertengkar, mengapa harus mengadu agama. Kita harus menciptakan kondisi yang kondusif dan damai menjelang pilkada dan seterusnya,” ungkapnya.

Ahmad Daroji menambahkan, saat ini kedua pasangan Cagub dan Cawagub Jawa Tengah merupakan warga nahdliyin, jadi tidak boleh ada perpecahan. “Jawa Tengah harus adem ayem, kondisifitas harus tetap dijaga. Kemenangan salah satu paslon adalah kemenangan paslon yang lain,” katanya.

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq menjelaskan, untuk menjaga stabilitas kamtibmas menjelang dan sesudah pilkada, pihaknya melibatkan para ulama. Menurutnya, dengan kedekatan  ulama dengan masyarakat akan semakin mudah menyampaikan pesan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kerukunan. ”Ulama cukup dekat dengan masyarakat. Dengan begitu ulama bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa perbedaan hanya satu menit saja, yakni saat pencoblosan. Namun saat keluar bilik sudah sepaham lagi,” katanya.

Selain dihadiri para ulama, acara tabligh akbar ini juga dihadiri Sekda Grobogan, KPU, perwakilan tim pemenangan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur serta Forkominda Kabupaten Grobogan. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel