Masih Banyak Pengguna Jalan Belum Tahu Sistem Satu Arah di R Soeprapto



PURWODADI,Grobogantoday.com- Hari pertama uji coba pemberlakuan satu arah di jalan R Suprapto Purwodadi masih ada beberapa pengguna jalan yang melanggar. Umumnya mereka tak tahu tentang diberlakukannya sistem satu arah. “Biasanya kan boleh langsung  langsung ke arah selatan kalau dari lampu merah sini. Malah ternyata sekarang dilarang, harus memutar arah jadinya,” kata Bambang, salah seorang pengguna jalan.

Suwito Kabid Lalulintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Grobogan menjelaskan, pemberlakuan sistem satu arah di  jalan R Suprapto sudah disiapkan cukup lama. Namun saat ini pihaknya baru melakukan uji coba terlebih dahulu. Menurutnya, pemberlakuan sistem satu arah ini untuk kenyamanan pengguna jalan.  “Saat ini, kebetulan sedang ada proyek penataan trotoar dan pembangunan saluran drainase di sepanjang jalan R Suprapto. Hari ini merupakan hari pertama pemberlakuan sistem satu arah.   Dalam satu busatu arah selama satu bulan dulu. Jika memungkinkan akan berlanjut sampai lampu merah RS Yakkum” katanya.


Pemberlakuan satu arah dimulai dari bundaran simpanglima hingga perempatan kantor Dikominfo. Semua kendaraan melaju satu arah dari selatan menuju utara. Pengguna jalan R. Soeprapto dari arah utara sampai perempatan PUK,  bisa berbelok kiri ke jalan Siswomiharjo atau belok kanan ke jalan Soponyono III.  “Uji coba ini berlaku 24 jam selama satu bulan penuh,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa menambahkan, pemberlakuan sistem satu arah ini adalah dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas) .  “Adanya pembangunan trotoar dan drainase memakan setengah badan jalan. Jika dipaksakan akan mengganggu pengguna jalan. Sistem satu arah ini akan diberlakukan selama proyek berlangsung. Apabila dirasa baik, bisa dilakukan seterusnya,” jelasnya.

Dalam masa uji coba ini, bagi yang melanggar akan mendapatkan teguran dulu. Jika nanti sudah berjalan, mereka yang melanggar akan ditilang. Dari pantauan di lapangan, petugas dari satlantas Polres Grobogan dan Dinas Perhubungan masih berjaga-jaga di beberapa titik, yakni simpang lima Purwodadi, perempatan PUK dan gang-gang dilalui sistem satu arah. Beberapa papan peringatan pun sudah terpasang. (pj)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel