Iklan Billboard 970x250

Lomba Permainan Tradisional Tetap Ramai di Tengah Gempuran Gadget

Lomba Permainan Tradisional Tetap Ramai di Tengah Gempuran Gadget




Purwodadi,Grobogantoday.com- Di tengah gempuran gadget dan permainan digital, permainan tradisional masih digemari dan bisa dinikmati. Buktinya, ratusan anak SD antusias mengikuti lomba permainan tradisional yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan di Alun-alun Purwodadi, Rabu(13/3/2019). “Selain untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke-293 , ini sebagai salah satu upaya kita untuk mengenalkan permainanan tradisonal di tengah gempuran gadget dan permainan digital,” ujar jelas Cahyaningadiyarti, Ketua panitia pelaksana permainan tradisional.


Ratusan murid SD bersaing menjadi yang terbaik di permainan yang dilombakan, diantaranya egrang bambu dan egrang tempurung untuk kelompok putra, bakiyak dan dingklik oglak-aglik untuk kelompok putri. Anak-anak sangat antusias dengan perlombaan ini. Di bawah terik matahari mereka tetap bersemangat beradu tangkas dalam lomba yang diikuti. “Lomba ini kita modifikasi sedemikian rupa,menjadi permainan kelompok yang dilombakan secara estafet,” jelas Cahyaningadiyarti.


Dengan lomba permainan tradisional diharapkan bisa mengenalkan anak tentang tradisi jawa dan  budaya lokal. Selain itu  bisa melestarikan budaya gotong-royong  yang sudah mulai luntur.  “Anak didik kembali pada permainana tradisional yang  bisa mengajarkan kerja sama tetap terjaga,” tambahnya.

Dalam permainan tradisional ini, keluar sebagai juara yakni untuk kelompok putra  juara 1 Kecamatan Toroh, Juara 2 Kecamatan Purwodadi dan Juara 3 Kecamatan Godong. Sedangkan untuk kelompok putri, juara 1 Kecamatan Toroh, juara 2 Kecamatan Pulokulon dan Juara 3 Kecamatan Kedungjati. (RE)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post