Iklan Billboard 970x250

Peningkatan Jalan Propinsi di Kabupaten Grobogan Tahun Ini Sepanjang 3 KM

Peningkatan Jalan Propinsi di Kabupaten Grobogan Tahun Ini Sepanjang 3 KM



GROBOGAN,Grobogantoday.com- Dari 190 kilometer jalan propinsi yang melintasi Kabupaten Grobogan, sepanjang 27 kilometer masih beraspal. Untuk mengurangi resiko kecelakakan bagi pengendara, Dinas Binamarga Provinsi Jateng lakukan penambalan lubang di sejumlah akses jalan yang berlubang dan bergelombang. Perbaikan, dilakukan di jalan yang permukaannya hingga saat ini masih menggunakan perkerasan aspal.

“Lubang yang dirasa membuat kendaraan tidak nyaman ditambal. Juga gelombang yang ada. Ini bagian dari perawatan rutin. Air merupakan penyebab utama rusaknya jalan. Kita tahu saat ini intensitas hujan cukup tinggi, sehingga genangan air  cukup mudah merusak jalan yang masih beraspal. Aspal mudah sekali terkelupas. Makanya kita melakukan perbaikan ini, sehingga kecelakaan bisa diminimalisir,” ungkap Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Purwodadi melalui  Kasi Jalan Wilayah 1, Purwadi kepada Grobogantoday.com, Rabu(6/3/2019).



Jalan berlubang tak hanya terjadi pada jalan beraspal saja, namun jalan beton yang sudah berusia cukup lama  di beberapa titik sudah ditemui retakan. “Yang rusak parah kita rekontruksi, beton kita angkat dan diganti yang baru. Namun jika kerusakan masih kecil kita tutup saja,” ungkapnya.


Purwadi menambahkan, perawatan dilakukan di titik lubang di sepanjang 27,3 kilometer jalan aspal yang ada di Grobogan.  “Total panjang jalan yang menjadi tanggungjawab provinsi ada 190 kilometer, menghubungkan Kabupaten Grobogan dengan Solo, Sragen, Boyolali, Kudus, Pati dan Blora. 27,3 kilometer masih aspal. Ini yang saat ini kita lakukan penambalan,” tambahnya.

Panjang jalan dengan permukaan aspal, di Kabupaten Grobogan ditempati akses jalan Kuwu-Galeh yang mencapai 7,6 kilometer. Sedang, posisi kedua ditempati Grobogan-Sukolilo yakni sekitar 9,2 kilometer yang membentang dari Km 106,500 hingga Km 115,700. “Untuk tahun ini, Kabupaten Grobogan mendapatkan jatah revitalisasi jalan sepanjang 3 kilometer. Dua kilometer betonisasi, sedangkan 1 kilometer diaspal,” jelasnya.

Purwadi menjelaskan, 3 titik yang mendapatkan anggaran peningkatan jalan yakni jalan Purwodadi-Wirosari sepanjang 1 km(KM 83+100- 84+100), Jalan Kuwu-Galeh sepanjang 1 km dan Sukolilo-Grobogan sepanjang  1 kilometer (KM 106+500 sampai 107+500).  Ketiga proyek ini menyerap anggaran sekitar 19,3 Milyar. “Untuk jalan Purwodadi-Wirosari dan Kuwu-Galeh betonisasi, sedangkan Grobogan- Sukolilo aspal. Saat ini masih tahap  proses lelang,” pungkasnya. (RE)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post