Iklan Billboard 970x250

Pembobol ATM dengan Potongan Botol Air Mineral Diringkus Sat Reskrim Polres Grobogan

Pembobol ATM dengan Potongan Botol Air Mineral Diringkus Sat Reskrim Polres Grobogan



PURWODADI,Grobogantoday.com- Tiga orang pelaku pembobol atm di wilayah Kabupaten Grobogan, Surakarta dan Salatiga dengan modus mengganjal lubang kartu atm berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Grobogan, Minggu(3/3/2019) di Hotel Sumi, Jalan gajahmada, Semarang. Sedangkan satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran.   Mereka merupakan komplotan Palembang. Ketiga tersangka bersama sejumlah barang bukti saat ini diamankan di Mapolres Grobogan. Ketiganya dijerat dengan pasal 363 dan 406 KUHP dengan ancaman penjara paling lama 7 tahun.

Wakapolres  Grobogan Kompol Dwi Hendro P didampingi Kasat Reskrim, AKP Agus Supriyadi menjelaskan, keempat  pelaku memiliki peran yang berbeda saat melancarkan aksinya. “Sardiman(27), berperan mengganjal lubang kartu ATM, Alian Fauzi(23), berperan mengawasi korban yang akan mengambil uang di mesin ATM dan Patimura(22) berperan mengintip nomer PIN korban dan berpura-pura membantu korban. Sedangkan satu pelaku yang berhasil melarikan diri, Abu Arafat(28) berperan mencongkel mesin ATM dan mengambil kartu ATM miliki korban , untuk selanjutnya menguras tabungan milik korban,” ungkapnya, Rabu(6/3/2019).

Bersama tersangka diamankan sejumlah barang bukti, yakni 10 kartu ATM BRI, 5 kartu ATM BNI, 6 kartu identitas diri, sebuah obeng, 2 mika pengganjal dari botol aqua, sebuah gergaji besi, dua helm dan 3 pasang sepatu.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Grobogantoday.com, kejadian bermula saat Tohiroh bersama anaknya, Kamis(28/2/2019) sekitar pukul 06.00 WIB hendak mengambil uang di mesin ATM SPBU Getasrejo, Kecamatan Grobogan. Namun usai kartu ATM dimasukkan, kartu tertelan dan tidak bisa keluar lagi. Tiba-tiba datang seorang pria tak dikenal menawarkan diri untuk membantu, tetapi tidak bisa. Tohiroh lantas bergegas ke kantor BRI Cabang Purwodadi untuk memblokir kartu ATMnya dan membuat kartu ATM baru. Tak berapa lama, Tohiroh mendapatkan informasi bahwa orang yang  telah membantunya di ATM SPBU Getasrejo adalah pelaku pencurian dengan mengganjal dan merusak mesin ATM. Selanjutnya, ia melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Grobogan.

Mendapatkan laporan tersebut, Sat Reskrim Polres Grobogan langsung melakukan penyelidikan. Setelah berhasil mengantongi nama-nama pelaku, polisi langsung melakukan pengejaran.  Akhirnya 3 pelaku berhasil diamankan di Hotel Sumi, Jalan gajahmada, Semarang.

Kompol Dwi Hendro menghimbau kepada masyarakat agar tidak memberikan pin ATM kepada orang tidak dikenal. “Segera blokir kartu ATM, jika kartu ATM tertelan di mesin ATM,” katanya. (RE)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post