-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Bupati Ajak Pemdes Gunakan Dana Desa Untuk Percepatan Pembangunan Sarana Air Minum

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Bupati Ajak Pemdes Gunakan Dana Desa Untuk Percepatan Pembangunan Sarana Air Minum


GROBOGAN, GROBOGANTODAY.COM - Penyediaan air bersih/air minum tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja. Desa juga bisa menggunakan dana desa untuk percepatan pembangunan sarana air minum. Demikian diungkapkan Bupati Grobogan, Sri Sumarni di sela-sela Peresmian PAMSIMAS di Dusun Pancan Desa Getasrejo Kecamatan Grobogan, Kamis(16/1/2020).

“Kami akan terus berkomitmen untuk mendukung program PAMSIMAS ini. Kepala Disperakim, Dispermades, Bappeda, para Camat dan Kepala Desa, saya minta untuk terus memfasilitasi, memberikan pembinaan dan mengawal program ini, termasuk dalam penyediaan anggaranya. Tidak terbatas pada APBD saja, tetapi juga bisa melalui Dana Desa. Harapanya dapat mendukung percepatan pembangunan sarana air minum, agar ter capai 100 %,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini jumlah desa yang pernah mendapatkan bantuan dari Program Pamsimas di  Kabupaten Grobogan dari Tahun 2008 sampai 2019, mencapai 209 Desa.  Meliputi 85.125 sambungan rumah atau 24.201 Kepala Keluarga. 

“disamping itu juga sudah terbangun jamban di sekolah sebanyak 147 unit, pembangunan sarana cuci tangan sebanyak 142 unit. Untuk tahun 2020 direncanakan 15 desa, terdiri dari 12 desa dari APBN dan 3 desa dari APBD. Dengan target penambahan 2.250 sambungan rumah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Sri Sumarni menyampaikan permasalahan di wilayahnya yang sering banjir saat penghujan, dan kekurangan air saat kemarau. Ia mengajak masyarakat untuk membuat gerakan secara masal, untuk memanen air hujan. Antara lain dengan menanam pohon, membuat sumur-sumur resapan, membuat lubang-lubang biopori, dan juga mengelola sampah dengan baik. 

“Semoga dengan pola-pola sederhana tetapi masif, bisa meminimalkan siklus tahunan kita, dimana saat penghujan tidak harus kebanjiran, dan saat kemarau tidak harus kekurangan air,” harapnya. (RE)
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post