yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Jelang Hari Jadi Grobogan, Berbagai Pusaka Dijamas

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Jelang Hari Jadi Grobogan, Berbagai Pusaka Dijamas


PURWODADI,Grobogantoday.com –  Jelang hari jadi Kabupaten Grobogan ke-294, yang jatuh pada tanggal 4 Maret, puluhan benda sejarah koleksi Museum Purbakala Grobogan dibersihkan, Jumat(14/2/2019). Berbagai koleksi mulai dari benda pusaka, seperangkat gamelan kuno , keris dan tombak, arca, yoni, piring, lesung, lingga, meriam, luku, garu, mangkok, piring kuno, guci, uang kuno dan fosil dibersihkan. Benda-benda bersejarah ini dulunya ditemukan di berbagai wilayah di Kabupaten Grobogan.


Ada sekitar 20 petugas dari Paguyuban Kasepuhan Wijayakusuma yang ikut membersihkan benda-benda bersejarah ini.“Khusus untuk benda-benda pusaka, seperti keris, tombak, gamelan dibersihkan oleh tenaga yang sudah ahli di bidangnya. Kita ajak paguyuban Kasepuhan untuk membersihkannya.  Kegiatan ini rutin kita lakukan dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan tanggal 4 Maret nanti,” ungkap Marwoto, Kabid Kebudayaan Disporabudpar Kabupaten Grobogan.


Ia menambahkan, acara bersih-bersih tersebut dilakukan setiap setahun sekali. Hal itu diperlukan agar benda-benda bersejarah itu tidak rusak, bisa tahan lama dan lebih bersih sehingga cukup nyaman dilihat pengunjung museum.”Ini merupakan prosesi khusus yang dilakukan setiap tahun. Walaupun tiap harinya juga dibersihkan oleh petugas museum,” terangnya.

Eyang Kardi, Ketua Kasepuhan Wijaya Kusuma menjelaskan, pihaknya telah dilibatkan dalam prosesi jamas pusaka sejak tahun 2017. Walaupun tidak mendapatkan upah, namun pihaknya merasa bangga telah ikut melestarikan warisan leluhur. "Ini merupakan bagian dari menjaga budaya bangsa,"  ungkapnya. (RE)
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post