-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Penemuan Arca Kuno di Segorogunung Gegerkan Warga

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Penemuan Arca Kuno di Segorogunung Gegerkan Warga



GROBOGANTODAY.COM– Mencari batu di hutan untuk pondasi rumah, seorang warga Dusun Segorogunung, Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus,Kabupaten Grobogan menemukan arca batu kuno, Senin(7/9/2020) sekitar pukul 13.00 WIB. Sontak penemuannya tersebut gegerkan warga.


"Saya temukan saat mencari batu.  Pertamanya gak tahu kalau itu patung, saya tinggalkan saja di hutan. Tetapi keesokan harinya(red: Selasa), setelah saya perhatikan ternyata patung kuno. Kemudian saya bawa pulang," jelas Aldi kepada Grobogantoday.com.


Kepala Dusun Segoro Gunung Susilo menjelaskan, setelah mengetahui warganya menemukan benda bersejarah ia lantas mengamankan arca tersebut. Menurutnya, arca tersebut dari bahan batu putih tersebut.


"Arca penemuan pertama langsung saya simpan di rumah saya agar tidak jatuh  ke tangan yang tak bertanggung jawab," jelas Susilo. 


Penasaran dengan arca yang ditemukan warganya,  ia lantas minta diantarkan ke lokasi penemuan arca.  Tanpa diduga,  ia malah menemukan beberapa arca yang tidak lengkap.  Secara keseluruhan ditemukan empat potongan bagian arca dengan ukuran tinggi 60-100 sentimeter dengan bagian paling lebar mencapai 30 sentimeter.


“Arca yang pertama kali ditemukan badan lengkap dengan kepala dan kaki yang terpotong di bagian bawah.  Kemudian ditemukan arca dengan badan lengkap, kaki sampai dibawah betis, tanpa kepala.  Selain itu  ditemukan dua bagian kaki,  salah satunya berdiri di atas seekor sapi,” terangnya.


Susilo menambahkan, pihaknya sudah mengabarkan penemuan arca itu pada kepala desanya serta pihak perhutani. (RE) 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post