-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Saka Wanabakti Grobogan Gelar Pelatihan Pembibitan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Saka Wanabakti Grobogan Gelar Pelatihan Pembibitan



GROBOGANTODAY.COM - Sebanyak sepuluh orang anggota Satuan Karya Wanabakti Kwartir Cabang 1115 Grobogan pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi mengikuti kegiatan pelatihan pembibitan secara mandiri. 

Kegiatan yang dimulai dari awal bulan Setember 2020 ini dimulai dari pengumpulan biji tanaman buah atau  pohon peneduh oleh para anggota Saka Wanabakti. Adapun biji yang telah terkumpul diantaranya adalah biji sirsak, nangka, asam dan juga trembesi. Setelah biji terkumpul dilanjutkan dengan penyediaan media dan peralatan persemaian. 


Didampingi oleh Agus Winarno, Pamong Satuan Karya Wanabakti Purwodadi, para anggota Satuan Karya Wanabakti ini membuat bedeng tabur di samping Rumah Dinas Perhutani KPH Purwodadi yang berada di Kampung Jajar Purwodadi. 

Dari biji bijian yang berhasil dikumpulkan dilakukan penaburan di bedeng tabur yang telah dibuat sebelumnya agar dapat disemai dengan baik. Oleh para anggota setiap hari dilakukan bergiliran untuk melakukan penyiraman.


Sambil menunggu proses biji yang ditabur tumbuh dengan baik, dilanjutkan dengan pengisian kantong polibag dengan tanah dan membuat  bedengan. Sehingga setelah itu biji-bijian yang ditabur nanti tumbuh dapat dipindah di kantong polibag untuk selanjutnya di rawat dan dipelihara.


"Nanti ketika musim penghujan, tumbuhan sudah berbatang dan berdaun cukup dapat dipindahkan ke lokasi yang ditentukan," jelas Agus Winarno. 


Atang Purnama, Ketua Pimpinan Satuan Karya Wanabakti Kwarcab Grobogan menjelaskan, tujuan dari pelatihan kegiatan ini adalah menanamkan rasa cinta lingkungan kepada adik-adik Anggota Saka Wanabakti Purwodadi. Nantinya dari pelatihan ini akan didapatkan 500 plances tanaman yang siap ditanam. 

"Yang dilakukan oleh adik adik ini dalam rangka mempraktekan materi yang diperoleh di Saka Wanabakti, terutama pada Krida Bina Wana, Syarat Kecakapan Khusus Pembibitan," katanya. 


Ia menambahkan, dari hasil pelatihan pembibitan yang dilaksanakan oleh para anggota Saka Wanabakti ini direncanakan akan di tanam di kawasan pinggir sungai, di sekitar mata air,  maupun di lokasi wisata yang ada di kawasan hutan KPH Purwodadi sehingga diharapkan menjadi peneduh dan rindang kawasan termasuk menjadi tempat berlindung satwa terutama burung.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini sebagai upaya pembinaan generasi muda untuk cinta lingkungan dan mendukung upaya pemerintah secara bersama-sama menjaga alam dan kelestarian lingkungan” tutur Kak Atang Purnama. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post