-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Boyong Grobog Hari Jadi Grobogan Ke-296 Tanpa Arak-arakan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Boyong Grobog Hari Jadi Grobogan Ke-296 Tanpa Arak-arakan

Boyong grobog sebelum adanya pandemi. 

GROBOGANTODAY - Hari jadi ke 296 Kabupaten Grobogan di tengah pendemi Covid-19  akan digelar secara sederhana saja. Acara boyong grobog yang biasa berlangsung meriah dan ada arak-arakan akan diselenggarakan secara sederhana. Demikian diungkapkan Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan, Suliwati, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa(1/3/2022).


“ Tidak ada arak-arakan, seperti tahun kemarin. Hanya Bupati beserta keluarga dan Wakil Bupati dan ibu yang datang ke Kelurahan Grobogan," jelasnya. 


Menurutnya, boyong grobog merupakan  salah satu prosesi yang paling sakral. Walaupun dengan sangat sederhana, prosesi ini akan dilaksanakan. Prosesi dimulai dengan penyambutan  kedatangan rombongan bupati dengan  tari gambyong. Dilanjutkan dengan penyerahan pusaka, dan pemberangkatan ke pendopo Kabupaten Grobogan. 


" Rombongan bupati diiringi prajurit dan sekar kedaton, pembawa grobog, sesepuh pembawa pusaka, nayogo dan punggawa," Katanya. 


Sesampainya di pendopo, lanjut Suliwati, bupati akan  disambut oleh manggoloyudo di depan pintu gerbang. Selanjutnya, bupati akan melakukan prosesi wijikan, dipandu kasepuhan.


" Kemudian rombongan dipersilahkan masuk disambut Bapak  Sekda. Dilanjutkan penyerahan pusaka kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra serta Plt Asisten Administrasi Umum Setda Grobogan. 


" Bupati menyerahkan grobog yang dibawa dari Kelurahan Grobogan  kepada Bapak Sekda untuk disimpan, " jelasnya. 


Seperti diketahui, perayaan hari jadi Kabupaten Grobogan masuk tanggal 4 Maret. Pemkab Grobogan biasanya menyelenggarakan rentetan acara selama satu bulan penuh.


Akan tetapi, karena di masa pandemi akan mengalami perombakan penuh seluruh kegiatan semarak hari jadi Kabupaten Grobogan dengan mengikuti protokol kesehatan.


“  Jika tahun sebelumnya ada 50 tamu undangan, untuk tahun ini ada 200 undangan di pendopo," pungkasnya. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post