-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Antisipasi Bencana, BPBD Grobogan Adakan Jambore Relawan Penanggulangan Bencana

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Antisipasi Bencana, BPBD Grobogan Adakan Jambore Relawan Penanggulangan Bencana


GROBOGANTODAY - Sebagai bentuk kesiap-siagaan dan antisipasi terhadap ancaman bencana BPBD Grobogan melaksanakan Jambore Relawan Penanggulangan Bencana di lapangan wisata Desa Sumberjatihohon, Kecamatan Grobogan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dua hari, 10-11 November 2022 dan diikuti  oleh 100 relawan. 


"Jambore ini sebagai forum silaturahmi, peningkatan kapasitas, forum penyamaan persepsi sesama relawan dan saling tukar informasi terkait apa saja peran relawan dalam penanggulangan bencana, mulai dari pra, saat dan pasca bencana," jelas Bupati Grobogan, Sri Sumarni usai membuka acara, Kamis(10/11).


Menurutnya, peran relawan  sangat penting dalam membantu pemerintah dalam melaksanakan penanggulangan bencana, mengingat sumber daya manusia pemerintah yang terbatas. Niat baik saja tidak cukup, karena dalam melakukan pertolongan dan penyelamatan serta evakuasi terhadap korban bencana, jika tidak hati – hati, kemungkinan bisa menimbulkan dampak buruk yang lebih besar.


"Dalam literatur kebencanaan dinyatakan bahwa, ketika bencana atau musibah terjadi, pertolongan dan penyelamatan pertama dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah itu, dibantu oleh relawan yang terlatih. Oleh karenanya menjadi penting untuk meningkatkan kapasitas kepada relawan di daerah bencana dan relawan pada umumnya," tegasnya. 


Ia berharap, koordinasi dan kolaborasi antara relawan dan pemerintah terus dilakukan sebagai mitra kerja upaya mitigasi bencana.


"Mari kita terus bersinergi menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi dalam penanganan penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten Grobogan," katanya. 


Dalam kesempatan tersebut selain diberikan materi tentang kebencanaan,  juga dilakukan latihan simulasi kedaruratan. 


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post