Peringati Sumpah Pemuda,Saka Wanabakti Tampilkan Drama Teatrikal




PURWODADI - Memperingati Sumpah pemuda,Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi pada hari ini,Jumat(28/10) menggelar drama teatrikal di tugu pahlawan, Purwodadi.

Aksi teatrikal yang bertemakan “Semangat Sumpah Pemuda” dibawakan oleh sekitar 20 anggota saka wana bhakti.Menurut Kak Ronny Merdyanto, S.Hut, Ketua II Saka wanabakti,tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan dan meningkatkan semangat nasionalisme para pemuda Indonesia, terutama bagi anggota Saka Wanabakti. Semangat itu harus selalu digelorakan."Sebagaimana pesan para pendahulu, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah," ungkapnya.

Khoirul muttaqin ,salah seorang pemeran aksi menyebutkan,dalam aksi teatrikalnya tersebut,para anggota Saka wanabakti berperan sebagai penjajah, rakyat dan tokoh-tokoh penting penggerak sumpah pemuda. Di dalam teatrikalnya tersebut menceritakan awal sejarah terbentuknya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 hingga akhir kemerdekaannya di tahun 1945.Adapun salah satu alur cerita teatrikal tersebut, tujuh orang warga asing tengah menjajah masyarakat Indonesia serta menyiksanya. Namun, tidak ada yang berani untuk mencegah aksi penjajah tersebut. Masih dalam cerita teatrikal itu, akhirnya munculah sekelompok pemuda yang tergabung dalam kelompok Pemuda  dengan keberaniannya melawan penjajah serta mengusirnya dari tanah air Indonesia.Melalui pertempuran yang sengit, akhirnya para pemuda ini mampu mengalahkan penjajah itu. “Aksi teatrikal tersebut merupakan perlambang bahwa melalui tekad yang besar untuk mengobarkan kemerdekaan serta keberanian dari seseorang mampu menjadi tonggak awal keberhasilan terbebas dari penjajah,” jelas Khoirul.



Teatrikal bertemakan sumpah pemuda ini merupakan motivasi untuk pemuda saat ini agar bisa menumbuhkan rasa patriotisme sebagai pemuda dan pemudi bangsa Indonesia.Usai drama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ikrar Sumpah Pemuda dan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri.

Ronny menambahkan,Aksi damai Saka wanabakti adalah untuk  mengajak masyarakat dan pemuda mengingat sumpah pemuda yang diikrarkan 88 tahun yang lalu. Menurutnya, waktu itu pemuda juga memiliki peran penting dalam mencapai kemerdekaan."Kami mengajak masyarakat dan pemuda mengingat sumpah pemuda 88 tahun silam,sekarang saatnya pemuda bersatu untuk mengisi kemerdekaan," katanya.

Saka wanabakti akan menunjukkan itu dalam aksi pentas sederhana. "Kalau dulu pemuda menyatukan Indonesia, sekarang jangan sampai terpecah belah. Harus bahu membahu hadapi musibah dan nestapa negeri ini," pesan Ronny.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel