Rumah Fosil Banjarejo, Wisata Edukasi Yang Wajib Anda Kunjungi


GABUS- Kunjungan ke “Rumah Fosil Banjarejo” ini merupakan alternatif edukasi di luar ruang bagi siswa-siswi dan juga merupakan kegiatan yang menarik karena siswa dapat secara langsung melihat kekayaan cagar budaya di sekitarnya.Rumah Fosil Banjarejo terletak di Desa Banjarejo,Kecamatan Gabus,Grobogan,Jawa Tengah.

Publikasi atas temuan sejumlah fosil fauna purba dan temuan dari masa Hindhu-Buddha di media cetak dan elektronik telah membuat Desa Banjarejo menjadi pusat perhatian masyarakat Grobogan dan sekitarnya pada saat ini. Masyarakat dari berbagai kalangan mengunjungi Desa Banjarejo, khususnya di“Rumah Fosil Banjarejo” untuk sekedar melihat dan menggali informasi tentang temuan-temuan yang kini tersimpan di “Rumah Fosil Banjarejo”.

Selain memberikan informasi tentang temuan-temuan fosil fauna dan artefak lainnya ,pengelola rumah fosil Banjarejo ,sekaligus Kades Banjarejo,Achmad Taufik mengajak pengunjung untuk ikut menjaga dan melestarikan cagar budaya yang ada di wilayah Banjarejo dan sekitarnya. Dengan memberikan edukasi mengenai fosil dan artefak di “Rumah Fosil Banjarejo” diharapkan pengetahuan siswa menjadi bertambah dan pada akhirnya kepedulian mereka untuk melestarikan cagar budaya meningkat pula.



Achmad Taufik berharap,pemerintah Kabupaten benar-benar serius dalam mewujudkan Banjarejo menjadi desa wisata,tidak hanya gertak sambal saja."Semoga rencana pemda untuk menjadikan Banjarejo sebagai desa wisata terus berkesinambungan,tidak hanya seremonial saja," jelasnya.

Di tempat terpisah,ketua komunitas Wisata Grobogan Iyant RE berpendapat hendaknya kekayaan yang dimiliki Banjarejo bisa dikelola secara maksimal."Sayang sekali jika Banjarejo yang menyimpan cagar budaya tidak dikelola secara maksimal.Harus ada kerja keras dari dinas terkait dengan warga untuk mewujudkan desa wisata.Warga menjadi ujung tombak keberlangsungan sedang dinas sebagai jembatannya,"jelasnya.(RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel