555 Alat Pertanian Diserahkan Kepada Gapoktan


GROBOGAN - Bupati Grobogan ,Sri Sumarni  menyerahkan bantuan alat-alat pertanian (alsintan) kepada Kelompok Tani (Koptan) di halaman Kantor Dipertan setempat,Senin(31/10).Bantuan alsintan tersebut diterima oleh 99 Gapoktan Kabupaten Grobogan. Berupa 103 traktor roda 2,4 traktor roda 4 ,159 unit pompa air dan 289 alat semprot hama.


Kepada Gapoktan, Bupati menjelaskan pemberian bantuan alsintan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di Grobogan serta mewujudkan program presiden untuk swasembada pangan.“Pemkab Grobogan sudah cukup banyak memberikan bantuaan kepada petani. Tentunya kita sangat berharap hasil produksi pertanian khusus padi di Grobogan semakin baik,” kata Bupati Grobogan dihadapan para Gapoktan yang menerima bantuan.


Bupati Grobogan juga meminta kepada Kelompok Tani yang menerima bantuan untuk menjaga dan merawat bantuan alat pertanian tersebut dengan baik. “Gunakan alat ini dengan baik sesama kelompok. Jangan sampai rusak, apalagi hilang. Jangan karena bantuan pemerintah alat ini tidak dirawat, apalagi hilang. Pemkab tidak akan mengganti alat yang hilang,bahkan kalau hilang akan kami beri sanksi," kata Bupati Grobogan.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Edy Maryanto menjelaskan, penyaluran bantuan alsintan yang berasal dari dana APBN tersebut bertujuan untuk mencapai program nasional swasembada pangan berkelanjutan sekaligus peningkatan pendapatan kesejahteraan petani beserta keluarnga nantinya.


"Saat ini ,Kabupaten kekurangan traktor sejumlah 1.163 unit.Masing- masing kecamatan sudah terdata secara terperinci oleh Kementrian Pertanian.Dimana daerah yang kekurangan traktor dan dimana daerah yang sudah cukup traktornya," jelas Edy.
Edy menambahkan,agar penerima traktor roda empat segera melengkapinya dengan roda besi sebanyak 2 unit.Untuk bantuan alat pertanian akan terus berlanjut kedepannya.


Kartono,anggota Gapoktan Sri handayani dari Desa Cingkrong mengucapkan banyak terima kasih karena telah mendapatkan bantuan alat pertanian."Semoga pompa air yang kami dapat bisa meningkatkan produktivitas pertanian," jelasnya.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel