Kwarcab Grobogan Sabet Pramuka Peduli Awards



GROBOGAN - Kwartir Cabang 11 15 Grobogan kembali menorehkan prestasi di ajang Pramuka Peduli Award yang digelar oleh Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah. Pramuka Peduli Kwartir Cabang 11 15 Grobogan berhasil meraih  juara satu setelah melalui beberapa tahapan seleksi  penilaian yang dilaksanakan di Gedung Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah pada Hari Sabtu, 17 Desember 2016.Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan berhasil menyingkirkan 12 peserta finalis lainnya.


Peghargaan ini merupakan kali kedua yang diterima oleh Kwartir Cabang 11 15 Grobogan. Pada ajang yang sama di tahun 2014, Kwartir Cabang 11 15 Grobogan juga berhasil mendapatkan juara satu.


Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah Joko Sutrisno. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan  bahwa Pramuka Peduli Award adalah wujud apresiasi dan penghargaan yang diberikan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah kepada anggota Pramuka yang telah menunjukkan kepedulian kepada lingkungannya. Ini adalah bentuk manifestasi anggota Pramuka dalam memberikan bakti dan kecintaan pada lingkungan sebagai pengamalan Dasa Darma. “ Ini semua sebagai wujud apresiasi kami atas pengamalan dasa darma yang benar-benar diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.


Dalam ajang Pramuka Peduli Award ini, penilaian meliputi aspek manajemen kegiatan dari sisi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dan juga inovasi kegiatan yang terdiri orisinalitas ide, kekinian jenis kegiatan, modifikasi dari kegiatan yang sudah ada, disamping itu kegiatan yang dilaksanakan memberi dampak bagi anggota pramuka itu sendiri, bagi lingkungan, bagi organisasi gerakan pramuka dan stakeholder lainnya. Sedangkan tingkat partisipasi  baik dari anggota pramuka itu sendiri maupun di luar  pramuka, baik secara langsung maupun berupa  donasi, sponsor, fasilitasi juga menjadi penilaian. 


Surono, Ketua Pramuka Peduli Kwartir Cabang Grobogan, menjelaskan, kegiatan Kwartir Cabang Grobogan yang diikutkan lomba Pramuka Peduli Award adalah kegiatan Kemah Bakti Pramuka Pramuka Peduli ke-3 Kwartir Cabang 11 15 Grobogan yang digelar pada bulan September 2016 di Desa Banjarsari Kecamatan Kradenan. “Pada kemah bakti, anggota Pramuka bersama komponen masyarakat  lainnya telah berhasil melaksanakan pembuatan tiga sumur air bersih untuk warga, pembuatan dan pengecatan tempat sampah sebanyak 29 buah, pengecatan gapura dan pagar makam, kebersihan lingkungan serta kegiatan yang bersifat non fisik, inilah yang membuat Kwarcab Grobogan bisa menjadi juara “ jelasnya.


Adapun juara dua berhasil diraih Gugusdepan SMA N 1 Mojotengah Kwartir Cabang Wonosobo, disusul Gugusdepan SMA N 1 Slawi Kwartir Cabang Tegal sebagai juara tiga. 
Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Kwartir Daerah Jawa Tengah Agung Suparyoko pada upacara penutupan menyampaikan bahwa yang paling penting adalah aktifitas Pramuka Peduli berupa kiprah bakti kepada masyarakat dan lingkungan untuk ditingkatkan, adapun penilaian hanya untuk memberikan semangat.


Pada kesempatan tersebut sekretaris Kwarda Jawa Tengah menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada para juara. Sedangkan tropi kejuaraan akan diserahkan pada peringatan Hari Pramuka ke-55 Tahun 2017 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah. (ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel