Education Fair 2017 Berikan Solusi Siswa Pilih Perguruan Tinggi


GROBOGAN -  Para siswa SMA sederajat mulai mengambil ancang-ancang untuk melanjutkan pendidikan ke PTN. Namun selama ini siswa kerap kebingungan mau memilih jurusan dan PTN, apalagi jika tidak tahu peluang dan mekanisme masuknya.
Merespon hal tersebut, Ikatan alumni SMA  Negeri 1 Purwodadi menggelar Education Fair 2017. Edu Fair ini diikuti oleh 28 perguruan tinggi terbaik di Indonesia yakni  Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhamadiyah Surakarta(UMS), Universitas Diponegoro(Undip), Universitas Sebelas Maret (UNS) , UNNES dan lain-lain. Tak hanya siswa SMA Negeri 1 Purwodadi saja yang mengikuti Education fair 2017, namun beberapa sekolah di Kabupaten Grobogan juga diundang.
Kepala SMA negeri 1 Purwodadi, Amin Hidayat  mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan alumni yang memberikan wawasan kepada peserta didiknya. Ia juga mengaku senang para alumni selalu menyempatkan waktu menghadiri berbagai kegiatan dan tak henti-hentinya berkontribusi untuk kemajuan dan perkembangan sekolah. “Ini merupakan kebahagiaan dan kebanggaan guru, yaitu ketika melihat anak didiknya lebih sukses dari dirinya,” ujarnya, kemarin.
Dikatakannya, dalam kegiatan ini siswa dapat leluasa menggali informasi sedalam-dalamnya tentang universitas yang akan mereka tuju. “Tidak hanya uang kuliah, beberapa siswa bahkan bertanya tentang biaya hidup dan kendala-kendala yang mungkin mereka hadapi di perantauan,”ujarnya.
“Selain Education  Fair,  kegiatan ini juga  dimeriahkan talkshow yang diisi oleh Wahyu Siswo,seorang penerbang lulusan SMA negeri 1Purwodadi angkatan 1998 dan Nurul, mahasiswi asal Grobogan yang menjadi Wakil Asia Pasific di kegiatan PBB. Diharapkan dengan hadirnya orang-orang sukses ini bisa memotivasi siswa didik kita,” jelasnya
Sementara itu,Ferari, ketua  Panitia Education Fair 2017 ,yang juga  mahasiswa UNS, mengatakan kegiatan ini berawal dari inisiatif alumni SMA Negeri 1 Purwodadi  yang tersebar di beberapa perguruan tinggi terbaik di Indonesia untuk berkontribusi pada sekolah.
Selain itu, inisiatif ini dibawa dalam musyawarah angkatan Ikatan alumni dan direspon positif oleh anggota yang lain. Di sana para alumni berkesempatan menyampaikan ide mereka dan ditanggapi dengan sangat antusias oleh pihak sekolah.Ia mengaku senang karena antusias siswa sangat terasa pada kegiatan ini. Ke depan ia berharap kegiatan serupa akan lebih ditingkatkan lagi baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. “InsyaAllah kami akan mengumpulkan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, tidak hanya di Pulau Jawa. “Selama ini adik-adik kerap menyita waktu belajar mereka untuk beberapa sosialisasi dari perguruan tinggi. Education Fair ini menjadi solusi agar sosialisasi berjalan efektif dan efisien,” pungkasnya.(IYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel