Jalan Gajah Mada Diperbaiki



GROBOGAN – Kerusakan jalan propinsi di ruas jalan Gajahmada Purwodadi yang sudah cukup parah mulai mendapatkan perhatian dari BPT Bina Marga Jawa Tengah Wilayah Purwodadi. Jalan yang merupakan akses utama Purwodadi –Semarang ini mengalami kerusakan di beberapa titik yang merupakan jalan beraspal.

Curah hujan yang cukup tinggi dan intensitas kendaraan bertonase tinggi disinyalir menjadi penyebab rusaknya jalan yang memiliki panjang total    3 km. “Saat ini yang mengalami kerusakan cukup parah sepanjang sekitar  200 meter. Untuk perbaikannya, kita lakukan pengerukan dan diganti dengan material yang baru,” jelas Barkah, Kepala BPT Bina Marga Jawa Tengah Wilayah Purwodadi.

Saat Grobogan Today  di lapangan, setidaknya satu alat berat diturunkan untuk mengeruk materi aspal yang sudah rusak. Sejumlah tenaga terlihat mempersiapkan aspal untuk menutup beberapa titik jalan yang rusak. “Untuk perbaikan di titik ini, satu hari kita targetkan selesai. Sedangkan untuk jalan rusak yang lain kita perbaiki sesuai dengan tingkat kerusakannya,” jelas Barkah.

Barkah menambahkan, untuk peningkatan jalan Gajah mada akan dilakukan tahun 2018. “Karena keterbatasan anggaran, tahun ini kita hanya bisa melakukan pemeliharaan saja. Untuk peningkatannya, akan kita lakukan tahun depan,” terangnya.

Perbaikan Jalan Propinsi
Sementara itu,Binamarga Jawa Tengah menganggarkan dana sekitar 48 M untuk perbaikan jalan propinsi di 6 titik di Kabupaten Grobogan. Perbaikan dengan rigid beton akan dilakukan sepanjang 7 km, mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yaitu sepanjang 26 Kilometer dengan ruas Purwodadi-Wirosari sepanjang 1 km, ruas Wirosari-Kunduran  sepanjang 1 km, Wirosari-Sulur-Singget sepanjang 2 km,Kuwu-Galih sepanjang 1 km, Purwodadi-Geyer sepanjang 1 km dan Tegowanu-Tanggungharjo sepanjang 1 km . Saat ini proses lelang masih berlangsung. Setelah selesai akan dilakukan pengerjaan rigid beton dan yang lainnya. “Saat ini kita fokus ke lokasi jalan yang betul-betul rusak. Untuk jalan alternatif hanya akan dilakukan pemeliharaan rutin saja,” jelas Purwadi, Kasi jalan.

Sementara itu, informasi yang didapat menyatakan, panjang jalan milik propinsi di wilayah Grobogan yang masuki kewenangan Balai Pelaksana Teknis Bina Marga jawa Tengah Wilayah Purwodadi sekitar 152km. Sejak beberapa tahun lalu hingga akhit tahun 2016, ruas jalanyang selesai diperbaiki mencapai 113 km. Sedangkan sisanya sekitar 39 km belum dituntaskan.”Kami menargetkan tahun 2020 akan tuntas semua. Karena di tahun ini, anggaran untuk perbaikan jalan menurun dari tahun sebelumnya,” jelas Purwadi.(iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel