Pohon Tumbang, Jalur Purwodadi-Pati Macet


GROBOGAN -Hujan yang disertai angin kencang di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah menyebabkan sebuah pohon di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan tumbang dan menutup akses jalan, salah satunya adalah jalan provinsi yang merupakan jalur Pati menuju Purwodadi maupun sebaliknya, tadi siang.

Menurut penuturan Beni(33), tumbangnya pohon beringin tua ini akibat hujan deras disertai angin kencang di desanya. Sehingga mengakibatkan pohon yang berada tepat di tebing ini roboh dan menutup jalan. “Tadi disini hujan deras disertai angin kencang. Tiba-tiba pohonnya roboh,” jelasnya.

Tumbangnya pohon beringin berumur puluhan tahun ini mengakibatkan kemacetan cukup panjang jalur menuju Purwodadi maupun sebaliknya. Beberapa bus terpaksa menurunkan penumpangnya karena bus tidak bisa melintas."Ini tadi sudah menunggu sejam lebih, namun pemotongan pohon belum juga selesai. Jadi penumpang saya suruh turun dan ikut kendaraan di depannya,” jelas Kasan, salah satu sopir bus jurusan Pati-Purwodadi.

Kasan mengaku mengaami kerugian karena  bus yang dia kendarai tidak bisa beroperasi. “Kalau gak ada pohon tumbang, pasti sudah sampai Pati,” keluhnya.

Beruntung saat terjadi pohon tumbang tidak ada kendaraan yang melintas, sehingga tidak ada korban jiwa dalam robohnya pohon itu. “Tidak ada korban jiwa akibat robohnya pohon di jalan Purwodadi-Pati. Namun lalu lintas sempat tersendat, namun bisa kami urai setelah pohon tumbang bisa kami evakuasi,” jelas Kanit Turjawali Satlantas Polres Grobogan, Ipda Affandi.

Affandi  mengatakan, petugas membutuhkan masing-masing 30 menit untuk mengevakuasi  pohon tersebut. Bahkan untuk memotong pohon di Jalan Provinsi petugas sempat menemui kesulitan karena pohon berada di sisi tebing, dengan diameter kurang lebih 30 sentimeter dan ketinggian 10 meter. Dia  menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak berada di bawah pohon saat terjadi hujan deras yang disertai angin. Sebab dalam sebulan terakhir cuaca ekstrim disertai angin kencang terjadi di Grobogan, banyak kejadian pohon tumbang di Grobogan. Ia juga berharap agar masyarakat segera melapor jika ada pohon tumbang agar segera dievakuasi.(IYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel