Tiga Titik di Jalan Kedungjati Longsor


GROBOGAN – Tiga Bahu jalan provinsi ruas Kedungjati- Salatiga longsor karena curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Grobogan. Akibatnya jalan penghubung Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Semarang ini terancam putus jika perbaikan tidak segera dilakukan.

Berdasarkan pantauan Harian Pati, Senin (13/02) di lokasi telah dipasangi dua buah tong sebagai penanda agar para pengguna jalan tidak melintas di bagian tepi mengingat longsor hampir menyentuh badan jalan. Dibawah badan jlan juga terlihat berongga, sehingga sangat berbahaya jika kendaraan besar melintas diatasnya. Terlebih saat malam hari di lokasi tersebut sangat minim penerangan jalan.

Kondisi longsor sendiri sepanjang 10 meter dengan kedalaman 4 meter di tiga titik berbeda. Warga setempat berharap agar bisa segera dilakukan perbaikan sehingga kekuatan struktur jalan kembali seperti semula.“Sudah sebulan jalan ini longsor akibat gerusan air  yang berada di bawahnya. Bahu jalan sudah amblas, dan hampir menyentuh badan jalan. Terhitung ada tiga titik yang longsor. Semoga Bina Marga Jawa Tengah bisa segera melaksanakan perbaikan, pasalnya ini termasuk bencana alam,” ujar Munir, warga Desa Ngombak.

Menurutnya tidak hanya bahu jalannya saja yang memerlukan perbaikan karena longsor. Permukaan jalan juga ada  yang rusak. Terutama ruas jalan dekat perbatasan kabupaten Semarang..“Permukaan jalannya lebih rendah dari bahu jalan, sehingga ketika hujan deras terjadi genangan. Air tidak mengalir dengan lancar, akibatnya aspal rusak dan terkelupas ketika dilewati kendaraan berulang kali. Mohon permukaan jalannya ditinggikan atau bahu jalannya dikepras, diperbaiki drainasenya agar usia jalan bisa lebih panjang, ” lanjutnya.


Terpisah, Kepala BPT bina Marga Jawa Tengah Wilayah Purwodadi, Barkah W menjelaskan jika ketiga titik jalan yang longsor sudah diusulkan ke Bina Marga Jawa Tengah. “Masih kita usulkan ke Semarang untuk ditangani tahun ini juga,” jelasnya. (IYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel