Senkom Diharapkan Menjadi Mitra Kamtibmas


GROBOGAN - Ratusan anggota Sentral Komunikasi (Senkom) Mitra Polri se-Korwil Pati mengikuti kegiatan pembaretan di Grobogan, Senin (10/4/2017) pagi yang diselenggarakan bekerja sama dengan Polres Grobogan. Kegiatan berjenjang dari pusat ini akan diteruskan sampai ke tingkat koordinator wilayah (eks karisidenan) di seluruh Jawa Tengah. Pembaraten tersebut bertujuan untuk membekali anggota agar lebih memahami tupoksi, jiwa korsa, disiplin dan profesionalisme.

Acara pembaretan dibuka oleh Kasat Binmas Polres Grobogan AKP Sudarwati. Hadir dalam kegiatan tersebut Pembina Senkom Polri Jawa Tengah Irjen Pol (purn) Sriyono.

Dalam sambutannya,  Irjen Pol (purn) Sriyono menuturkan, tugas anggota senkom adalah menyampaikan komukasi dan informasi kepada petugas kepolisian. Yakni menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan kepolisian. ‘’Senkom bukan keamanan, kami memiliki peran penting menginformasikan pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan dan menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme. Targetnya, setiap anggota senantiasa siap ikut serta membantu menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, karena Senkom Mitra Polri ini adalah adalah kelompok masyarakat yang dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Pam Swakarsa,” terang Sriyono. 

Dalam menjalankan tugas dan perannya, lanjut dia, kelompok ini selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik Pemerintah Pusat, daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas nasional dan bencana alam. Untuk kegiatan pembaretan kali ini, kata dia, sekaligus untuk peningkatan kapasitas kinerja dan secara khusus bertujuan untuk pembinaan anggota. “Kegiatan kali ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik dan kerja sama antar anggota, meningkatkan kebanggan dan jiwa korsa anggota serta meningkatkan kemampuan personil dalam bidang kedisiplinan sebagai mitra kamtibmas,” tambahnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel