Pramuka Belanja di Pasar


TOROH- Jika biasanya yang berbelanja di pasar adalah seorang ibu-ibu, namun ini ada pemandangan menarik terlihat di Pasar Depok Kecamatan Toroh, kemarin. Sebanyak 60 orang anggota Pramuka peserta Lomba Regu Penggalang Tingkat III Kwartir Cabang 11 15 Grobogan mendapatkan penugasan untuk berbelanja di pasar ini. Dari 15 regu putra dan 15 regu putri masing-masing diwakili dua orang per regu untuk berbelanja kebutuhan sayur mayur dan lauk pauk untuk selama satu hari bagi regunya.
 
Salah satu peserta yang bernama  Dedy Yusuf didampingi temannya Kentut Susanto  dari Regu Elang peserta dari Kwartir Ranting Geyer, mengaku senang dapat mengikuti kegiatan berbelanja di pasar, dengan belanja di pasar dapat mengetahui harga-harga kebutuhan pokok di pasar dan lebih tambah berani dan percaya diri. “Saya lagi mencari bayam untuk buat sayur menu makan siang nanti, kebetulan ini sudah dapat bumbu dan ikan asing” tuturnya.

Menurutnya ketentuan dari Panitia Lomba LT III, masing-masing perwakilan regu ditugaskan untuk berbelanja ke pasar dengan biaya maksimal 100 ribu dan ini merupakan dari kegiatan mata lomba koki penggalang.

Disampaikan oleh Suyitno, S.Pd, Ketua Panitia Lomba Tingkat LT III, bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka melatih kemadirian Pramuka Penggalang  yang dibuat dengan sistem beregu, mereka mengikuti kegiatan di Bumi Perkemahan Kalacakra Desa Tambirejo Kecamatan Toroh mulai tanggal 20 sampai dengan 23 Mei 2017.

“Selama empat hari masing-masing regu akan berkompetisi dimulai dari Administrasi Regu, Packing, Pertendaan, Pionering, Langkah Pramuka, Folksong, Hasta Karya, Rangking 1, Essay Bela Negara, Pidato Bela Negara, Koki Penggalang, Debat Kenegaraan, Bercerita Bahasa Inggris, Peta Lapangan, Membuat Roket Air, Api Unggun, Peta Pita, Menaksir, KIM, Panorama, P3K, Halang Rintang, Lomba Kegiatan Baris Berbaris dan Mountenering,” jelasnya.

Dari hasil kegiatan tersebut, akan diambil regu berprestasi dan regu yang menjadi juara satu baik putra maupun putri akan mewakili Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada Lomba Regu Penggalang Tingkat IV yang akan digelar oleh Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah yang direncanakan bulan Juni 2017 di Puskepram Candara Birawa Semarang.


Lomba Tingkat III Kwartir Cabang 11 15 Grobogan dibuka oleh Bupati Grobogan yang diwakili oleh Sekda Grobogan, Sumarsono pada Hari Sabtu, 20 Mei 2017 di Bumi Perkemahan Kalacakra Desa Tambirejo Kecamatan Toroh dengan diikuti 15 Regu Putra dan 15 Regu Putri utusan 17 Kwartir Ranting dari 19 Kwartir Ranting se Kwartir Cabang Grobogan. Ada dua Kwartir Ranting yang tidak mengirimkan peserta yaitu Kwartir Ranting Gubug dan Godong.(iya) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel