Waspada Peredaraan Uang Palsu saat Lebaran




GROBOGAN- Selain momen Pilkada, menyambut hari-hari besar keagamaan merupakan waktu di mana uang palsu paling banyak beredar. Terkait itu, Kepolisian Resort Grobogan mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Grobogan agar waspada dengan peredaran  uang palsu menjelang Lebaran 2017 ini. 

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano SIK MSi MM, di Grobogan, Rabu (21/6/2017) menyatakan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya saat mendekati lebaran, di wilayah lain banyak ditemukan peredaran uang palsu.Menurut dia, pasar dan tempat penukaran uang merupakan titik yang diawasi petugas intel. Pasalnya, menjelang Lebaran banyak warga masyarakat yang berburu uang baru untuk dibagikan kepada sanak familinya."Transaksi jual beli di pasar juga meningkat, sehingga pembeli dan penjual kurang memperhatikan keaslian uang sebagai alat tukar barang.Karena itu, kami meminta masyarakat lebih waspada, dan jika ditemukan adanya peredaran uang palsu hendaknya segera dilaporkan kepada petugas terdekat," katanya.


Kapolres menjelaskan, selama ini di Kabupaten Grobogan memang belum ditemukan adanya peredaran uang palsu, baik oleh petugas maupun berdasarkan laporan dari masyarakat. Hanya saja, ujar dia, upaya antisipasi dengan cara meningkatkan kewaspadaan harus terus dilakukan.
"Caranya tentu melakukan 3M, yakni meraba, melihat dan menerawang uang yang kita pegang atau kita peroleh dari orang lain," katanya lagi.

Kapolres menjelaskan, jika dilihat dari sisi letak daerah, Kabupaten Grobogan sebenarnya memiliki potensi dalam peredaran uang palsu karena merupakan jalur tengah antara Semarang - Sragen - Kudus - Pati dan Blora serta Boyolali.

Sementara menanggapi hal tersebut, Paur Humas Aiptu Teddy mengatakan,  jajaran Subag Humas mulai kemarin telah menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui siaran radio, maupun media online sebagai bentuk antisipasi dini. "Segera laporkan ke kepolisian terdekat bila mengetahui pelaku atau uang palsu, karena hal ini dapat segera ditangani polisi," pungkas  AiptuTeddy.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel