Jalan Menuju Waduk Nglangon Dikeluhkan Warga




KRADENAN- Waduk Nglangon yang berada di Desa Kradenan, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan makin ramai dikunjungi wisatawan. Ramainya obyek wisata di ujung timur kabupaten Grobogan ini belum diimbangi dengan infrastruktur yang memadai. Jalan berlubang, berbatu dan berdebu sepanjang 1,5 kilometer harus dilalui wisatawan jika ingin menikmati waduk peninggalan Belanda yang dibangun sekitar tahun 1911 ini.

Dari pantauan Grobogan Today di lapangan,  sejak masuk dari jalan raya Kuwu-Sulursari menuju waduk Nglangon, jalan aspal yang sudah penuh lubang ditutup dengan material batu dengan penataan yang tidak rata. Pengendara harus ekstra hati-hati dan mengurangi kecepatannya jika melintas. “Harus pelan-pelan, batunya besar-besar. Kalau tidak hati-hati bisa jatuh,” ujar Riana Dewi(19), salah seorang pengunjung dari Godong.

Hal ini diperparah dengan datangnya musim kemarau seperti ini. Debu-debu beterbangan, terlebih saat kendaraan roda empat, seperti truk melintas di jalan tersebut. Selain mengganggu pengguna jalan, debu ini juga melekat pada genting rumah penduduk dan mengotori rumah mereka. “Bisa dilihat kan, rumah-rumah penduduk di sepanjang jalan menuju waduk Nglangon gentingnya putih semua,” tutur Teguh, warga setempat.

Untuk mengurangi debu agar tidak masuk ke dalam rumah, warga berinisiatif melakukan penyemprotan jalan dengan air pada siang hari. Kalau tidak begitu, mereka harus membersihkan rumah berulang-ulang karena banyaknya debu yang masuk. “Warga sejauh ini menyirami jalan di depan rumah mereka,” jelas Teguh.

Demikian juga saat musim penghujan, jalan juga menyusahkan warga karena licin dan berkubang. Kerusakan jalan diperparah dengan banyaknya truk bermuatan tanah yang melintas. Warga berharap, pemerintah dapat segera membangun jalan tersebut. “Jalan ini memang rusak, tapi tak separah ini. Ini karena banyak truk yang melintas. Kami berharap pemerintah memperbaiki jalan ini. Kasihan juga dengan para pengunjung waduk Nglangon, takut mereka kapok,” tambahnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel