Bupati Canangkan Gerakan Masyarakat Sehat


GROBOGAN- Di era digital pada saat ini, manusia dimudahkan dalam segala hal. Namun, teknologi membuat perilaku manusi menjadi pasif, mereka sibuk dengan gadget masing-masing. Hal ini membuat manusia kurang beraktifitas dan menimbulkan berbagai  penyakit. Selain itu, permasalahan kesehatan yang timbul merupakan akibat perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan kurang baik. Hal itu bisa dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuhkembangkan kemandirian untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.
Bertempat di gedung olah raga simpang lima, Bupati Grobogan, Sri Sumarni beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan menggelar kampanye Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), Kamis(13/7). Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan beserta jajarannya, Ketua TP PKK, Para Kepala SKPD se-Kabupaten serta para tamu undangan lainnya.
Gerakan masyarakat sehat merupakan gerakan nasional yang diperkasai oleh Presiden RI yang dicanangkan dalam rangka penguatan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengkesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. GERMAS bertujuan untuk menurunkan beban penyakit; menghidarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk; dan menurunkan pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran biaya kesehatan.
Bupati Grobogan, Sri Sumarni menjelaskan kampanye Gerakan Masyarakan Sehat ini merupakan upaya mengajak masyarakat mempunyai kemauan dan kesadaran untuk berperilaku sehat. GERMAS akan efektif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat apabila kampanye GERMAS ini dilaksanakan secara terorganisir secara sistematis di seluruh lapisan masyarakat. “Saya inginkan Kampanye GERMAS ini terorganisir secara sistematis sampai ke tingkat Dusun. Dan Kampanye GERMAS ini diharapkan menjadi Program unggulan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan di tahun yang akan datang” ujarnya.
Kampanye GERMAS di Kabupaten Grobogan berfokus ke pola hidup sehat yang mudah dengan berolahraga dan beraktifitas, makan sayur, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alcohol dan pemeriksaan fisik secara berkala. Masyarakat Grobogan didorong untuk sadar dan mencanangkan Pola hidup sehat dan bersih, sehingga meningkatkan produktifitas masyarakat itu sendiri.
Kadinas Kesehatan Grobogan, Lely Astati menjelaskan, GERMAS ini merupakan inovasi yang diberikan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, sehingga masyarakat Grobogan memiliki pola hidup yang sehat yang dapat menjadikan Grobogan kabupaten sehat dan hebat. Pola hidup sehat bisa dimulai diri sendiri, kemudian keluarga dan terakhir menjadikan masyarakat yang memiliki pola hidup yang sehat. “ Dari mulai tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten harus mendukung penuh Gerakan Masyarakat Sehat ini,” ujarnya.
Dengan adanya Kampanye Gerakan Masyarakat Sehat ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakan Grobogan untuk lebih sadar akan kesehatan dan memiliki kehidupan yang berpola hidup bersih dan sehat. Sehingga hal ini dapat menjadikan Grobogan memiliki masyarakat yang sadar akan kesehatan. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel