Gethuk Blondo Mbah Tamso Tuko Selalu Diburu Pecinta Kuliner


PULOKULON, Grobogantoday.com - Getuk Blondo adalah getuk (makanan berbahan dasar singkong) yang disajikan dengan parutan kelapa dan taburan blondo (santan kelapa yang dimasak mirip rendang). Begitu istimewanya makanan ini sehingga para pembeli getuk di warung Getuk Blondo satu-satunya di kabupaten Grobogan  ini sampai harus mengantri lama. Apa sih istimewanya Getuk Blondo ini ?

Mungkin getuk ini berbahan singkong sama dengan getuk-getuk lainnya namun kelezatan rasanya tak ada bandingannya. Getuk Blondo ini begitu lezat di setiap gigitannya, teksturnya yang lembut dan kenyalnya yang pas ditambah taburan kelapa dan blondo yang gurih membuat Getuk Blondo ini terasa istimewa.

Penjual Getuk Blondo di grobogan hanya ada satu yaitu warung Getuk Blondo Mbah Tamso yang terletak di desa Tuko kecamatan Pulokulon tepatnya sebelah timur pasar Tuko. Warung yang tampak sangat sederhana ini banyak dipenuhi pengunjung pada sore hari. Mereka rela mengantri untuk mendapatkan makanan istimewa ini. Jika pada akhir pekan atau hari libur, warung Getuk Blondo Mbah Tamso kebanjiran pembeli yang kebanyakan membeli getuk untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sehingga seringkali warung Getuk Blondo yang buka  mulai jam 3 sore ini hanya beberapa jam saja sudah kehabisan getuk. Pembeli adalah warga sekitar namun paling banyak adalah pembeli dari luar daerah yang biasanya melintas di jalan raya Pulokulon.


Rahasia kelezatan Getuk BlondonyaB terletak pada pemilihan bahan getuk dari singkong segar dan berkualitas baik. Dia tidak mau memakai bahan singkong sembarangan. Selain itu juga saat proses pembuatan getuknya dia melakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara “nutu” (ditumbuk) yang dikerjakan oleh 3 orang. Singkong akan “ditutu” sedemikian rupa sampai menjadi getuk dengan teksture yang lembut dan kekenyalan yang pas.

Pembeli Getuk Blondo Mbah Tamso mengaku selalu ingin kembali untuk datang ke warung Getuk Blondo di desa Tuko ini. Rasanya yang khas dan lezat membuat semua orang yang pernah merasakan Getuk Blondo akan sulit melupakannya. Anda penasaran dengan kelezatan Getuk Blondo ? Datanglah ke warung Getuk Blondo pada sore hari sebelum jam 5 agar tidak kecewa karena kehabisan getuknya.(RE) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel