Stok Darah Menipis, PMI Lakukan Pelayanan Malam Hari



PURWODADI, Grobogantoday.com - Berbagai upaya dilakukan untuk menyikapi menipisnya stok persediaan darah  di PMI Kabupaten Grobogan. Kondisi itu diperkirakan terjadi hingga Lebaran. Demikian diungkapkan Kasi Pelayanan Bidang Yansoskesmas PMI Kabupaten Grobogan Gesit Kristyawan. "Selama Ramadan ini kita membuka pelayanan donor darah pada malam hari di sejumlah tempat, seperti di Alun-alun Purwodadi dan beberapa rumah makan," jelasnya.

Pihaknya juga membuka pelayanan di gereja-gereja sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan darah. ‘’Saat Ramadan memang sedikit kesulitan untuk mendapatkan pendonor. Apalagi, banyak warga yang menjalankan ibadah puasa. Maka dari itu, kami membuka pelayanan pada malam hari, agar warga muslim tetap bisa mendonorkan darahnya,’’ katanya.

Saat Grobogantoday.com melakukan pengecekan ketersediaan darah di PMI Kabupaten Grobogan, Selasa (5/6/2018) masih ada 309 kantong. Jumlah tersebut rinciannya, golongan darah A berjumlah 13 kantong, golongan darah B sebanyak 170 kantong, golongan darah O ada 87 kantong, dan golongan darah AB ada 39 kantong.

‘’Golongan darah A saat ini kurang aman. Kami perkirakan pada H+4 lebaran ketersediaan normal kembali,’’ ujarnya.

Gesit menjelaskan akan pentingnya donor darah untuk kesehatan. Yakni mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, dengan mendonorkan darahnya dapat membakar kalori dan meningkatkan produksi darah.

‘’Donor darah sangat bagus untuk kesehatan, diantaranya dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, pendonor dapat mengetahui kondisi kesehatannya secara berkala tiga bulan sekali. Soalnya, pendonor akan diperiksa kesehatannya lebih dulu,’’ ujar Gesit.(RE) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel