Siapkan Pembina Handal, Kwarcab Grobogan Adakan KML


DIRIKAN TENDA: Sejumlah pembina pramuka mendirikan tenda yang akan mereka huni selama mengikuti KML, kemarin.

PULOKULON-Siapkan pembina handal, Kwarcab Grobogan gelar KML(Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan)  di Lapangan SMP Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon. Sebanyak 84 peserta mengikuti kegiatan ini. Walaupun sudah menjadi pembina Pramuka, mereka masih melakukan kegiatan selayaknya anggota pramuka biasa. Ada yang memegang tali, ada yang membawa pasak, dan terlihat sebagian membentangkan tenda.

Tak ubahnya sebagai seorang peserta didik, setelah tendanya berdiri barang-barang bawaan dan perlengkapan berkemahpun dimasukkan dalam tenda yang mereka dirikan sesuai regu masing-masing.Sebelumnya para pembina ini juga mengikuti kegiatan pre test untuk menguji tingkatan pengetahuan terhadap materi yang akan disampaikan, dimana kegiatan pre test dilakukan sebelum kegiatan kursus dilaksanakan. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 10 Oktober 2017 dan akan berakhir tanggal 15 Oktober 2017.

Dijelaskan oleh Ketua Kwartir Cabang 11 15 Grobogan, Icek Baskoro bahwa selama 6 hari para peserta kursus ini akan ditempa oleh para pelatih dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kwarcab Grobogan dengan berbagai materi kepramukaan yang akan diberikan dalam bentuk teori 20 persen dan praktek 80 persen, baik berupa teknik dan ketrampilan kepramukaan maupun materi penunjang lainnya yang berkaitan dengan membina peserta didik.

Para peserta sengaja diajak mendirikan tenda, terkadang perpenampilan sebagai peserta didik, diajari cara penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) maupun Syarat Kecakapan Khusus (SKK) bagi peserta didik, agar para pembina ini betul betul paham, menghayati dan menjiwai akan karakteristik yang dimiliki oleh para peserta didiknya, sehingga begitu pulang dari KML ini para pembina akan mentransfer ilmu dan ketrampilan yang didapat kepada para anak didiknya.
Ditambahkan oleh Ketua Kwarcab, bahwa pembina yang baik adalah pembina yang selalu diantara peserta didik, memberikan teladan yang baik bagi anak didiknya, menjadi inspirasi  dan memberikan motivasi sehingga kegiatan Pramuka betul-betul menjadi kegiatan yang menyenangkan, menarik dan ada nilai-nilai pendidikan di dalamnya. 

Untuk menjadi seorang Pembina Pramuka di gugusdepan melalui perbagai proses pendidikan, mulai dari mengikuti jenjang Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) dan setelah itu untuk mendapatkan Surat Hak Bina (SHB) seorang Pembina Pramuka juga mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML).
Penyelenggaran KML ini untuk menyiapkan Pembina Pramuka yang handal dan berkualitas seiring dengan kebutuhan Pembina Pramuka yang seimbang dengan besarnya jumlah peserta didik yang ada.

Icek Baskoro juga menegaskan agar para peserta KML ini agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, memahami materi yang disampaikan oleh para Pelatih  dan mengembangkan hasilnya di Gugus depan serta salah satu targetnya adalah menghasilkan peserta didik di gusdepannya menjadi seorang Pramuka Garuda.

Sementara itu Mudjiono, Ketua Kwartir Ranting Pulokulon yang turut serta mendampingi Ketua Kwarcab Grobogan pada saat upacara pembukaan mengaku senang atas dipilihnya Kwartir Ranting Pulokulon sebagai tempat penyelenggaran KML Kwarcab Grobogan Tahun 2017 sehingga banyak sekali Pembina dari Kwarran Pulokulon yang sudah mempunyai sertifikat KMD dapat mengikuti kegiatan ini.(aw/iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel