Baru Diperbaiki, Tanggul Sungai Jajar Jebol Lagi


GODONG, Grobogantoday.com-  Baru diperbaiki secara swadaya, Minggu (26/11) pagi, tanggul Sungai Jajar di Dusun Margomulyo Desa Kemloko, Kecamatan Godong kembali jebol,  Minggu (26/11) malam. Akibatnya, air kembali menggenangi sawah dan mengakibatkan tanaman di area persawahan milik warga rusak.Tidak saja menjebol tanggul sementara yang telah dibangun secara gotong royong oleh warga, PUPR, BPBD, Kepolisian dan TNI, air juga membuat ukuran jebolan bertambah luas.

Subiyono Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat, saat meninjau lokasi jebolan, Senin (27/11) mengungkapkan, tingginya curah hujan membuat tanggul sementara yang dibuat jebol kembali. Jebolannya pun lebih lebar dibanding jebolan pertama. “Kami akan segera mendatangkan alat berat untuk penutupan semi permanen. Untuk penutupan permanen menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui BBWS,” jelasnya.

Subiyono mengingatkan agar tidak menanam tanaman semusim di tanggul sungai.  Tanaman semusim di tanggul membuat tanah menjadi gembur sehingga rawan longsor dan rawan jebol. “Jadi kami minta warga tidak menanam di tanggul. Selain itu, jika membuang pelepah pohon pisang jangan disaluran nanti bisa menutup saluran dan air bisa meluap ke permukiman,” tambahnya.

Parjimin, salah satu warga yang sawahnya terendam banjir akibat jebolnya tanggul berharap agar jebolnya tanggul segera ditangani. “Kalau tidak segera diperbaiki, maka tanaman padi milik kami akan busuk,” ucapnya.(RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel