Ekowisata Ujung Kendeng Digagas di Desa Jenengan


KLAMBU, Grobogantoday.com- Hutan di Pegunungan Kendeng Utara, tepatnya di Dusun Taban, Desa Jenengan , Kecamatan Klambu akan disulap menjadi sebuah ekowisata. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menandainya dengan menanam buah nangka Rabu (29/11/2017). Tak hanya pohon nangka saja, durian, sirsak, matoa, dan sengon pun disiapkan untuk ditanam di lahan tersebut. “Semoga bisa tumbuh subur dan berguna bagi masyarakat sekitar, aamiin,” ucap Ganjar sambil menyiramkan air.
Gubernur berharap acara ini tidak hanya simbolis saja, namun benar-benar melakukan penanaman sesuai dengan jumlah yang disediakan. “Beberapa waktu yang lalu saya ikut tanam pohon di Sragen sebanyak seribu pohon. Lubangnya benar-benar seribu, satu orang mendapat jatah pohon sepuluh,” ungkapnya.
Terkait ekowisata Ganjar berharap gagasan tersebut dilaksanakan secara serius. Penanaman dilakukan terus agar tanaman bisa bervariasi dan menarik minat wisatawan. "Saya berharap pengelolaan ekowisata ini bisa membawa kesejahteraan masyarakat. Ketika pariwisata tumbuh maka ekonomi masyarakat juga ikut berkembang. Terus semangat," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Kepala ADM Perhutani Purwodadi Dewanto mengajak masyarakat untuk kembali menghutankan hutan. Ia mengajak masyarakat untuk menanam tanaman keras yang menghasilkan, yakni buh-buahan.  Nantinya, kawasan yang berada dalam petak 2 RPH Terkesi BKPH Penganten ini akan dinamakan Ekowisata Ujung Kendeng. Pihaknya bekerjasama dengan Karangtaruna Kabupaten Grobogan dan  Lembaga Masyarakat Desa Hutan(LMDH) setempat dalam pengelolaan.
"Ini hutan kita bersama. Sebelumnya warga menanam jagung, namun kedepan ditanami tanaman keras yang menghasilkan. Selain itu disela-sela pohon bisa ditanami rumput gajah untuk menunjang peternakan. Selain petak 2, nanti juga akan dikembangkan di petak 1" tuturnya.(RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel