Membanggakan, SD 4 Purwodadi Raih Juara 1 Pembelajaran Nasional

TUNJUKAN PENGHARGAAN: Kepala SD 4 Purwodadi Widarti dan guru kelas V SD , Suwijo menunjukan penghargaan dan tropy dari lomba yang diikutinya, Jumat(10/11).

GROBOGAN- Prestasi yang berhasil diraih Kepala SD 4 Purwodadi patut diacungi jempol. Berasal dari daerah yang kurang diperhitungkan, Widarti berhasil menyingkirkan 500 peserta dari seluruh Indonesia. Ia sukses meraih juara 1 Komponen Pembelajaran Kategori Sekolah Dasar Negeri Rujukan Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Nasional 2017.

Perasaan tidak percaya diungkapkan Widarti, pasalnya, para pesaingnya merupakan perwakilan terbaik di seluruh Indonesia. Bahkan saat presentasi, dirinya nyaris didiskualifikasi dari lomba yang diselenggarakan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Direktoral Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan itu. “Dijadwalkan presentasi Jumat pagi, malah dimajukan Kamis malam. Untung waktu itu tidak tidur, jadi bisa mengikutinya,” jelasnya.

Sebelum lolos grand final di Hotel Rich, Sleman, Yogyakarta bersama 216 peserta lainnya dari berbagai daerah, ia harus mengirimkan makalah sebagai penilaian awal. Ada tiga komponen yang dilombakan, selain komponen pembelajaran, ada juga managemen berbasis sekolah (MBS) dan ekstrakurikuler.  “Tahap awal ada 500 peserta di seluruh Indonesia. Tiap peserta juga diperbolehkan mengajak satu pendamping untuk membantu saat perlombaan. Saya pun mengajak guru kelas V SD 4 Purwodadi Sajiwo untuk membantu saya. Alhamdulillah nilai kami tertinggi di komponen pembelajaran,” tuturnya.

Terpisah, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Grobogan, Amin Hidayat mengapresiasi prestasi tersebut. Menurutnya, prestasi itu merupakan bukti bahwa kualitas pendidik di Grobogan terus meningkat dan tak bisa dipandang sebelah mata. ”Ini menjadi bukti kalau pendidikan di Grobogan tak kalah dengan daerah lain. Kalau kualitas gurunya baik, pasti kedepan generasi di Grobogan semakin luar biasa. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi guru yang lain,” ucapnya. (RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel