Siswa SMP N 1 Purwodadi Kumpulkan Donasi untuk Pengungsi Gunung Agung

KUMPULKAN DONASI: Siswa SMP Negeri 1 Purwodadi melakukan pengumpulan donasi yang dikemas dengan berbagai macam pagelaran kesenian dan expo yang digelar di halaman sekolah, Senin(27/11/ 2017).

PURWODADI, Grobogantoday.com- Erupsi Gunung Agung di Pulau Bali membuat empati para siswa SMP Negeri 1 Purwodadi. Mereka mengumpulkan donasi yang akan disalurkan kepada para pengungsi. Pengumpulan donasi dikemas dengan berbagai macam pagelaran kesenian dan expo yang digelar di halaman sekolah, Senin(27/11/ 2017). Para orang tua siswa turut hadir menyaksikan berbagai pagelaran kesenian tersebut.

 Rasa empati para siswa terketuk saat melihat banyak warga yang harus mengungsi akibat erupsi Gunung Agung. Terlebih disana banyak anak-anak seusia mereka yang belum tentu bisa belajar dengan tenang. Para siswa SMP yang saat ini masih bisa belajar dengan tenang dan lancar tergerak hatinya untuk mengumpulkan donasi “Banyak sekali anak-anak seusia kami yang harus hidup di pengungsian. Mereka tidak bisa lagi belajar di sekolah,” ujar Marcelia Lintang, salah seorang siswa.

Pengumpulan donasi dikemas dengan berbagai macam pagelaran kesenian dan expo. Para orang tua siswa turut hadir menyaksikan berbagai pagelaran kesenian tersebut. Sebelum pengumpulan donasi dimulai, pihak sekolah terlebih dulu menggelar doa bersama. Usai mendoakan keselamatan warga sekitar Gunung Agung, sejumlah siswa kemudian menghampiri teman-temannya sambil membawa kotak donasi.

Tidak hanya para siswa yang antusias menyumbang. Para orang tua siswa yang datang menyaksikan pagelaran kesenian dan expo juga ikut menyumbang. Di sela-sela pengumpulan donasi/ para siswa menyuguhkan pertunjukan seni, diantaranya tari gambyong dan jaranan. “Dengan pagelaran tersebut diharapkan pengumpulan donasi akan lebih lancar dan hasilnya akan lebih maksimal karena para pemberi sumbangan merasa lebih nyaman berada di lokasi donasi. Selain misi kemanusiaan, pengumpulan donasi juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati dalam diri para siswa,” jelas Poernyomo, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Purwodadi.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang hadir dalam pembukaan pagelaran seni dan expo juga ikut memberikan donasi. Ia merasa senang generasi muda Grobogan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Sumbangan yang terkumpul akan disalurkan kepada pengungsi Gunung Agung melalui PMI Kabupaten Grobogan. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel