Malam Ini Ratusan Rumah di Desa Tunggu Terendam Banjir


KARANGRAYUNG, Grobogantoday.com-Akibat jebolnya tanggul sungai Tracak, ratusan rumah di Desa Tunggu, Kecamatan Penawangan terendam banjir, Minggu(26/11). Saat ini warga masih bertahan di rumah masing-masing. Namun ada beberapa warga yang usianya jompo mengungsi di rumah tetangga yang tidak terkena banjir. Demikian diungkapkan Gesit Kristyawan, Staf Yansoskesmas dan Penanggulangan Bencana PMI Grobogan. “Hampir semua rumhah warga terendam banjir. Hanya rumah yang memiliki pondasi tinggi yang terhindar dari banjir,” jelasnya.

Banjir yang menimpa desa yang berbatasan dengan Kecamatan Karangrayung ini diakibatkan derasnya hujan yang mengguyur daerah sekitar hulu sungai Tracak, sehingga debit air yang besar tak mampu tertampung. Air akhirnya menjebol tanggul sungai sepanjang 5 meter. Tak khayal, air bah masuk ke pemukiman warga.  “Hujan sangat deras sekali mengakibatkan tanggul jebol. Sejak pukul 20.00 WIB, air mulai masuk ke dalam rumah warga” ucapnya.

Ketinggian air di rumah warga hingga 50 Sentimeter. Namun begitu, warga tetap bertahan di rumah mereka masing-masing. Hanya orang tua jompo dan hewan ternak  yang diungsikan ke tempat yang lebih aman. “Saat ini warga masih tetap bertahan di rumah masing-masing. Hanya orang jompo saja yang diungsikan,” jelas Masuri, salah satu warga Desa Tunggu.

Masuri menambahkan, jebolnya tanggul saat ini belum bisa diperbaiki dikarenakan debit air masih tinggi. Sehingga harus menunggu sampai air benar-benar kering. “Semoga cepat surut. Untuk perbaikan kita lihat kondisinya besok,” ucapnya.(RE)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel