Thursday, 7 December 2017

Kerajinan Kayu Bertuah Semakin Diminati


PURWODADI, Grobogantoday.com- Berawal dari hobi mengoleksi beberapa jenis kayu langka, Danang Himawan menyulap kayu limbah menjadi beberapa kerajinan yang memiliki nilai ekonomi. Tak jarang beberapa teman yang mengetahui hasi karyanya tersebut tertarik untuk memilikinya. Saat ini, banyak  peminat kayu langka yang sengaja datang ke rumahnya untuk memesan atau sekedar untuk membuatkan sesuatu yang dikehendaki. “Awalnya cuma hobi mengoleksi kayu-kayu langka. Namun agar kayu-kayu tersebut bisa dipakai, saya buat beberapa kerajinan. Malah sekarang banyak yang tertarik,” jelas Danang saat ditemui Grobogan Today di bengkelnya di jalan Taman makam Pahlawan Purwodadi, Kamis(7/12/2017).

Berbagai jenis kerajinan, mulai dari pipa, once, cangklong, gelang, cincin, kalung dan tombak ukir  bisa dibuatnya. Ia mematok harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis kayu dan kesulitan dalam pembuatannya. “Ada juga yang cuma Rp 50 ribu, tapi ada juga yang saya jual hingga Rp 7 juta, tergantung jenis kayu dan tingkat kesulitan dalam pembuatan,” jelasnya.

Kayu langka sebagai bahan baku yang digunakan, kata Danang, terdiri dari kayu setigi, cendana, dewandaru, nagasari, wali kukun, galih asem, sono kuning, galih johar, dan kayu liwung.Jenis kayu itu, menurut dia, sangat jarang didapati lagi di wilayahnya."Sebagian kami datangkan bahan dari luar Jawa, terutama dari kawasan Indonesia timur, Kalimantan, dan beberapa daerah pedalaman hutan lain. Kadang juga cari sendiri ke gunung dan hutan," ujarnya kepada Grobogan Today.

Menurutnya,  jenis kayu langka itu diyakini memiliki khasiat tertentu dalam kepercayaan masyarakat adat Jawa, Bali maupun sebagian masyarakat Nusa Tenggara Barat. “Selain khasiat yang dipercaya, biasanya karena nilai seninya,” tambahnya.

Aris, salah satu penggemar kayu langka menjelaskan, selain memiliki tuah alami, nilai seni yang ada pada beberapa jenis kayu langka membuatnya semakin keranjingan dalam berburu kayu langka ini. “Jadi karena nyarinya susah, maka kalau bisa dapat ada kepuasan tersendiri,” ungkapnya saat ditemui dibengkel milik Danang. (RE)


0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com