Thursday, 7 December 2017

12 Kecamatan di Kabupaten Grobogan Masuk Zona Merah Bencana

PERIKSA PERLENGKAPAN: Bupati Sri Sumarni ditemani pimpinan FKPD dan Kepala BPBD memeriksa perlengkapan penanggulangan bencana, Kamis (7/12).

PURWODADI, Grobogantoday.com- Dari 19 kecamatan yang ada, 12 kecamatan tercatat masuk zona merah bencana. Yakni Kecamatan Tegowanu, Grobogan, Gubug, Tawangharjo, Kedungjati, Godong, Penawangan, Klambu, Brati, Geyer, Purwodadi, dan Toroh. Ke 12 kecamatan tersebut masuk zona merah lantaran sering terjadi bencana longsor dan banjir. Demikian diungkapkan Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam apel siaga bencana di Alun-alun Purwodadi, Kamis (7/12).

"Untuk bencana puting beliung memang belum dipetakan karena tidak bisa diprediksi. Meski demikian, saya berharap Grobogan tetap aman dari bencana. Agar masyarakat tetap nyaman," harapnya.

Sri sumarni menambahkan,  penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat dan dinas terkait. Peran serta masyarakat diperlukan dalam upaya penanggulangan bencana tersebut. Bencana yang terjadi secara tiba-tiba biasanya datang dari faktor alam dan akibat ulah manusia, maka masyarakat harus selalu waspada. 

"Kami minta masyarakat tetap waspada, bencana sering kali datang secara tiba-tiba. Apalagi musim penghujan seperti saat ini. Tak hanya mengandalkan dinas,  masyarakat juga harus ikut serta dalam penanggulangan bencana ini. Beberapa pihak terkait juga kami minta langsung terjun ke lapangan tiap kali terjadi bencana," kata Sri Sumarni.

Apel siaga bencana tersebut, diikuti personil dari BPBD, Dinsos, TNI-Polri, Satpol PP, Pramuka, dan beberapa relawan lainnya. Bupati Sri Sumarni memimpin langsung apel siaga bencana tersebut.


Usai apel, bupati dan beberapa perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta Kepala BPBD Agung Sulaksono memeriksa kesiapan sarana prasarana untuk penanggulangan bencana. Menurut bupati, sarana prasarana yang tersedia sudah mumpuni dan siap untuk digunakan. “Kita telah siapka dana tak terduga untuk penanggulangan bencana. Personil dan sarpras sudah siap semua,” tegasnya. (RE)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com